STUDI EKSPERIMENTAL PERFORMA PERPINDAHAN KALOR PADA PIPA KONSENTRIK DENGAN DELTA WING DAN DELTA WINGLET TAPE INSERT GUNA MENGATASI ICING CONTAMINATED TAIL STALL

ROMADHON, SYAHRIL (2020) STUDI EKSPERIMENTAL PERFORMA PERPINDAHAN KALOR PADA PIPA KONSENTRIK DENGAN DELTA WING DAN DELTA WINGLET TAPE INSERT GUNA MENGATASI ICING CONTAMINATED TAIL STALL. Skripsi thesis, SEKOLAH TINGGI TEKNOLOGI KEDIRGANTARAAN YOGYAKARTA.

[img] Text (abstrak)
ABSTRAK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (168kB)
[img] Text (bab 1)
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (326kB)
[img] Text (bab 2a)
BAB 2A.pdf
Restricted to Registered users only

Download (636kB)
[img] Text (bab 2b)
BAB 2B.pdf
Restricted to Registered users only

Download (657kB)
[img] Text (bab 2c)
BAB 2C.pdf
Restricted to Registered users only

Download (810kB)
[img] Text (bab 3a)
BAB 3A.pdf
Restricted to Registered users only

Download (929kB)
[img] Text (bab 3b)
BAB 3B.pdf
Restricted to Registered users only

Download (867kB)
[img] Text (bab 3c)
BAB 3C.pdf
Restricted to Registered users only

Download (860kB)
[img] Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (168kB)

Abstract | Intisari

Horizontal stabilizer merupakan komponen terpenting dari pesawat terbang dalam mengontrol perilaku pesawat saat terbang, jika komponen tersebut terganggu maka dapat mengakibatkan hilangnya fungsi pada elevator untuk melakukan pitch up dan pitch down sehingga pesawat dapat jatuh. Salah satu bentuk gangguan adalah icing yang disebabkan faktor humidity dan cuaca. Tujuan dari penelitian ini adalah mengatasi icing yang terjadi dengan menggunakan heater. Pada penelitian ini menggunakan metode eksperimental dengan variable yang berbeda untuk mengetahui pengaruh pemanasan airfoil contaminated pada variasi double V-cut twisted Tape Inserts dengan memanfaatkan fluid panas yang dihasilkan dari heat gun dan untuk mengetahui performa perpindahan kalor konveksi terhadap variasi double V-cut twisted Tape Inserts dalam memanaskan airfoil contaminated. Hasil pada penelitian ini memperlihatkan perubahan aspek rasio dapat meningkatkan perpindahan kalor konveksi yang optimal dan menciptakan efek turbulensi, sehingga dapat mempengaruhi performa dari heater. Pada aspek rasio yang terbesar terhadap pelepasan kalornya berada pada aspek rasio (AR = 0,83) dengan nilai perpindahan kalor konveksi 9,780 W, nilai Reynold number 3435, bilangan nusselt 13,63, koefisien perpindahan kalor konveksi 16,90 W/m2.C, pressure drop 3,639 Pa, faktor gesekan 0,0435.

Tipe Koleksi: Thesis (Skripsi)
Subjek: Aircraft Components > Wing (sayap) > Winglet
Contributors:
ContributionPembimbingNIDNEmail
UNSPECIFIEDKasmara, Joni1127087301UNSPECIFIED
UNSPECIFIEDMarausna, Gaguk0517038803UNSPECIFIED
Program Studi: S1 Teknik Dirgantara
Diposting Oleh: Elang Panca
Tanggal Diposting: 10 Mar 2021 04:27
Terakhir diubah: 14 Nov 2023 02:10
URI: https://digilib.sttkd.ac.id/id/eprint/1001

Actions (login required)

View Item View Item