ANALISIS JARAK PANDANG KABUT ASAP TERHADAP KETERLAMBATAN PENERBANGAN DI AIR TRAFFIC CONTROL BANDAR UDARA INTERNASIONAL SULTAN MAHMUD BADARUDDIN II PALEMBANG

JULIAN, JOVAN (2020) ANALISIS JARAK PANDANG KABUT ASAP TERHADAP KETERLAMBATAN PENERBANGAN DI AIR TRAFFIC CONTROL BANDAR UDARA INTERNASIONAL SULTAN MAHMUD BADARUDDIN II PALEMBANG. Tugas Akhir thesis, SEKOLAH TINGGI TEKNOLOGI KEDIRGANTARAAN YOGYAKARTA.

[img] Text (ABSTRAK)
111_5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (27kB)
[img] Text (BAB I)
111_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (28kB)
[img] Text (BAB II)
111_2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (295kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
111_4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (182kB)
[img] Text (BAB III)
111_3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (834kB)
Official URL: https://digilib.sttkd.ac.id/

Abstract | Intisari

Tujuan dari penelitian ini adalah memahami jarak pandang untuk menentukan penerbangan Take off dan Landing pesawat. Mengetahui Take Off dan Landing penerbangan minimal berkisaran 800m sampai 1000m, apabila dalam penerbangan untuk melakukan Take off dan Landing pesawat dibawah berkisaran 800m maka pesawat tersebut tidak dapat beroperasi selama kabut asap. Pada 14 Oktober 2019 jarak pandang terhadap landasan pacu berkisaran 50 sampai 100 Akibatnya semua penerbangan lumpuh total dari dan ke palembang, mengakibatkan kerugian besar bagi para maskapai pada saat itu. Penelitian ini menafsirkan dan menguraikan data yang bersangkutan dengan situasi yang sedang terjadi yaitu proses terjadinya delay/cancel flight. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 10 Desember 2019 sampai dengan 10 januari 2020 di Bandar Udara Internasional Sulltan Mahmud Badaruddin II Palembang. Metode penelitian ini setelah data semua terkumpul kemudian dilakukan analisis data secara kualitatif yaitu analisis yang dilakukan dengan cara memahami dan yang diperoleh termasuk data gambaran yang terkait dengan permasalahan yang di teliti oleh penyusun. Analisis deskritif, merupakan salah satu dari jenis penelitian yang termasuk alam jenis penelitian kualitatif. Menggunakan untuk mengungkapkan kejadian atau fakta, keadaan, fenomena, variabel, dan keadaan yang terjadi saat penelitian berlangsung dengan menyeguhkan apa yang sebenarnya terjadi. Penelitian ini menafsirkan dan menguraikan data yang bersangkutan dengan situasi yang sedang terjadi yaitu proses terjadinya delay/cancel flight.Penelitian ini menggunakan metode analisis data kualitatif. Karena analisis kualitatif adalah penelitian yang datanya dinyatakan dalam bentuk verbal dan dianalisis tanpa menggunakan teknik statistik. Berdasarkan kesimpulan data delay pesawat selama kabut asap pesawat mengalami jumlah keterlambatan sebanyak 39 kali delay, termaksuk Arrival dan depature, yang berarti jarak pandang akibat kabut asap mepengaruhi keterlambatan penerbangan. Pada bulan Oktober merupakan puncak tertinggi selama kabut asap dan ketebalan asap juga menebal di puncak tertinggi selama kabut asap di bandingkan bulan-bulan sebelumnya dampak kabut asap mempengaruhi jarak pandang yang merugikan operasional.

Tipe Koleksi: Thesis (Tugas Akhir)
Subjek: Aviation Profession > Air Traffic Controller (ATC)
Contributors:
ContributionPembimbingNIDNEmail
UNSPECIFIEDYudianto, Kifni1106201109UNSPECIFIED
Program Studi: D3 Manajemen Transportasi
Diposting Oleh: MAHENDRA AL AYYUB
Tanggal Diposting: 10 Mar 2021 06:27
Terakhir diubah: 10 Mar 2021 06:27
URI: https://digilib.sttkd.ac.id/id/eprint/1006

Actions (login required)

View Item View Item