ANALISIS SUDUT WASHIN WING TWIST TERHADAP PERFORMA AERODINAMIKA PADA NACA 2415 MENGGUNAKAN METODE CFD (COMPUTATIONAL FLUID DYNAMICS)

PRASETYO, TIO YULIS (2020) ANALISIS SUDUT WASHIN WING TWIST TERHADAP PERFORMA AERODINAMIKA PADA NACA 2415 MENGGUNAKAN METODE CFD (COMPUTATIONAL FLUID DYNAMICS). Skripsi thesis, SEKOLAH TINGGI TEKNOLOGI KEDIRGANTARAAN YOGYAKARTA.

[img] Text (abstrak)
ABSTRAK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (315kB)
[img] Text (bab 1)
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (393kB)
[img] Text (bab 2a)
BAB 2A.pdf
Restricted to Registered users only

Download (854kB)
[img] Text (bab 2b)
BAB 2B.pdf
Restricted to Registered users only

Download (784kB)
[img] Text (bab 3a)
BAB 3A.pdf
Restricted to Registered users only

Download (596kB)
[img] Text (bab 3b)
BAB 3B.pdf
Restricted to Registered users only

Download (745kB)
[img] Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (266kB)

Abstract | Intisari

Bentuk sayap pesawat dari pertama kali di buat hingga sekarang berevolusi dengan penambahan komponen serta modifikasi sayap, yang bertujuan agar sayap pesawat dapat menghasilkan distribusi gaya angkat yang efisien. Washin wing twist adalah fitur aerodinamika yang bertujuan untuk menyesuaikan atau merubah distribusi gaya angkat pada wing. Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui performa aerodinamika pada sayap yang menggunakan washin twist 10˚ dan ketebalan boundary layer di sepanjang sayap dengan kecepatan 12 m/s dan variasi sudut serang 0˚,3○,6○,9○,12˚,15˚, 18˚. Pada penelitian sebelumnya menggunakan windtunnel terdapat beberapa keterbatasan oleh karena itu untuk menguatkan dan memaksimalkan penelitian sebelumnya, dilakukan penelitian menggunakan metode simulasi CFD (Computational Fluid Dynamics) dengan simulasi penelitian dapat lebih efisien karena tidak memakai waktu yang panjang serta biaya yang terjangkau. Dengan simulasi fenomena-fenomena di sepanjang sayap seperti sebaran tekanan, kecepatan dan aliran streamline velocity dapat terlihat pada kontur. Perubahan sudut washin wing twist dapat mempengaruhi performa, sayap tanpa twist CL maksimum terdapat pada sudut serang 15˚ dengan CL sebesar 0.133 sedangkan sayap yang menggunakan washin twist terdapat pada sudut serang 12˚ dengan CL sebesar 0.130. Pada sudut serang 0˚ - 12˚ sayap yang menggunakan twist mengalami kenaikan nilai koefisen gaya angkat sebesar 25% dari sayap tanpa twist. Untuk CD kedua sayap sama-sama mengalami kenaikan seiring bertambahnya sudut serang sayap. Efek sayap yang menggunakan washin twist dapat membuat ketebalan boundary layer meningkat sebesar 65% dari sayap tanpa twist. Untuk meningkatkan performa aerodinamika sayap washin twist sebaiknya, sudut pasang (angle of incidence) pada bagian root di turunkan sehingga dapat memaksimalkan performanya.

Tipe Koleksi: Thesis (Skripsi)
Subjek: Aircraft Method > Aerodinamika
Contributors:
ContributionPembimbingNIDNEmail
UNSPECIFIEDBukhori, m. luqman0504079201UNSPECIFIED
UNSPECIFIEDSusanto, Heru0505028301UNSPECIFIED
Program Studi: S1 Teknik Dirgantara
Diposting Oleh: Elang Panca
Tanggal Diposting: 10 Mar 2021 07:32
Terakhir diubah: 14 Nov 2023 02:54
URI: https://digilib.sttkd.ac.id/id/eprint/1013

Actions (login required)

View Item View Item