BANGUN ARDIYANSYAH, IVANDIAR (2020) UPAYA PENINGKATAN KINERJA AMC (APRON MOVEMENT CONTROL) DALAM PENGAWASAN FASILITAS APRON DI BANDAR UDARA INTERNASIONAL HANG NADIM BATAM. Skripsi thesis, SEKOLAH TINGGI TEKNOLOGI KEDIRGANTARAAN YOGYAKARTA.
![]() |
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Restricted to Registered users only Download (167kB) |
![]() |
Text (BAB I)
BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (249kB) |
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (589kB) |
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (429kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (134kB) |
Abstract | Intisari
Apron Movement Control (AMC) merupakan personil Bandar Udara yang memiliki lisensi dan rating untuk melaksanakn tugas sebagai penanggung jawab kegiatan operasi penerbangan, pengawasan pergerakan pesawat udara, lalu lintas kendaraan, penumpang dan pengawasan kebersihan di area sisi udara serta mencatat data penerbangan di Bandar Udara. Pengawasan yang dilakukan oleh AMC betujuan salah satunya untuk menciptakan kedisiplinan dari pengguna jasa yang dapat berpengaruh terhadap aktivitas di sisi udara terutama Apron. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui kinerja AMC dan bagaimana perusahaan melakukan upaya peningkatan kinerja AMC dalam mengawasi fasilitas apron di Bandar Udara Internasional Hang Nadim Batam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode wawancara secara langsung kepada petugas Apron Movement Control (AMC), observasi langsung di Bandar Udara Internasional Hang Nadim Batam, studi kepustakaan, serta medokumentasikan kerja lapangan pada unit AMC. Pada penelitian ini peneliti dalam pengambilan data menggunakan reduksi data, triangulasi data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa petugas unit AMC dalam melakukan tugasnya masih belum sesuai dengan Standard Operating Procedure (SOP) yang berlaku. Fungsi unit AMC pada saat ini masih berfokus pada pelayanan garbarata saja, sehingga fungsi pengawasan di sisi udara tidak tertangani dengan optimal. Perusahaan Bandar Udara Internasional Hang Nadim Batam dalam upaya meningkatkan kinerja AMC sudah cukup baik dengan melakukan pelatihan untuk petugas AMC, memberikan penghargaan terhadap petugas AMC, memperhatikan kesehatan dan keselamatan petugas AMC. Kata Kunci : Kinerja, Apron Movement Control, Bandar Udara Internasional Hang Nadim Batam
Tipe Koleksi: | Thesis (Skripsi) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Subjek: | Airport > Apron Flight and Airport Management > Human Resources |
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Program Studi: | D4 Manajemen Transportasi Udara | ||||||||
Diposting Oleh: | Agus Kurnia | ||||||||
Tanggal Diposting: | 12 Mar 2021 03:18 | ||||||||
Terakhir diubah: | 12 Mar 2021 03:18 | ||||||||
URI: | https://digilib.sttkd.ac.id/id/eprint/1016 |
silahkan login terlebih dahulu untuk melihat text diatas, jika belum mempunyai akun anda dapat mendaftar akun digilib silahkan Klik disini
![]() |
View Item |