STUDI ANALISIS PENGARUH VANE TERHADAP KARAKTERISTIK DOUBLE SLOTTED FLAP AIRFOIL NACA 2410 DENGAN METODE SIMULASI COMPUTATIONAL FLUID DYNAMIC (CFD)

Ramdhani, Trias Kusuma (2020) STUDI ANALISIS PENGARUH VANE TERHADAP KARAKTERISTIK DOUBLE SLOTTED FLAP AIRFOIL NACA 2410 DENGAN METODE SIMULASI COMPUTATIONAL FLUID DYNAMIC (CFD). Skripsi thesis, SEKOLAH TINGGI TEKNOLOGI KEDIRGANTARAAN YOGYAKARTA.

[img] Text (abstrak)
ABSTRAK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (153kB)
[img] Text (bab 1)
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (296kB)
[img] Text (bab 2a)
BAB 2A.pdf
Restricted to Registered users only

Download (681kB)
[img] Text (bab 2b)
BAB 2B.pdf
Restricted to Registered users only

Download (719kB)
[img] Text (bab 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (352kB)
[img] Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (240kB)

Abstract | Intisari

Dalam fase terbang pesawat ada beberapa kondisi kritis yang sangat beresiko pesawat dapat kehilangan gaya angkat, kondisi kritis tersebut diakibatkan oleh sudut serang yang dilakukan pesawat termasuk besar dan dalam keadaan kecepatan rendah namun diharuskan tetap memiliki gaya angkat, yaitu ketika posisi akan lepas landas dan mendarat.Solusi untuk mempertahankan lapisan batas ketika dalam kondisi sudut serang besar dengan pemasangan flap. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik aerodinamika double slotted flap pada NACA 2410 yaitu coefficient lift, coefficient drag dan juga ketebalan boundary layerdengan menggunakan metode computational fluid dynamic (CFD). Dalam penelitian ini menggunakan simple CFD method, untuk menyelesaikan berbagai jenis permasalahan fluida dan perpindahan panas. Parameter yang dipakai pada simulasi CFD antara lain menggunakan kecepatan aliran sebesar 30 m/s, variasi jarak vane 2 mm, 4 mm, 6 mm, 8 mm, 10 mm, 12 mm, dan 14 mm. Angle of attack yang digunakan sebesar 12º. Hasil penelitian menunjukkan bahwa menggunakan metode CFD kondisi steady dapat didistribusikan dalam bentuk distribusi kecepatan, distribusi tekanan, distribusi turbulensi energi kinetik. Variasi jarak vane dalam penelitian ini mempengaruhi nilai coefficient lift dan coefficient drag yang terjadi pada penampang sayap dan juga mempengaruhi ketebalan boundary layer. Nilai CL dan CD terbaik terdapat pada konfigurasi jarak vane 4 mm dan nilai CL dan CD terburuk adalah konfigurasi jarak vane 8 mm.

Tipe Koleksi: Thesis (Skripsi)
Subjek: Aircraft Components > Wing (sayap) > Flaps
Contributors:
ContributionPembimbingNIDNEmail
UNSPECIFIEDmarausna, gaguk1103201907UNSPECIFIED
UNSPECIFIEDkasmara, joni1108201833UNSPECIFIED
Program Studi: S1 Teknik Dirgantara
Diposting Oleh: Elang Panca
Tanggal Diposting: 12 Mar 2021 06:49
Terakhir diubah: 13 Nov 2023 07:09
URI: https://digilib.sttkd.ac.id/id/eprint/1026

Actions (login required)

View Item View Item