Analisis Numerik Birdstrike pada Windshield Pesawat N219 : Prediksi Simulasi Tumbukan

Pratama, Wisnu Jota (2020) Analisis Numerik Birdstrike pada Windshield Pesawat N219 : Prediksi Simulasi Tumbukan. Skripsi thesis, SEKOLAH TINGGI TEKNOLOGI KEDIRGANTARAAN YOGYAKARTA.

[img] Text (abstrak)
ABSTRAK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (170kB)
[img] Text (bab 1)
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (533kB)
[img] Text (bab 2a)
BAB 2A.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (bab 2b)
BAB 2B.pdf
Restricted to Registered users only

Download (928kB)
[img] Text (bab 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (901kB)
[img] Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (191kB)

Abstract | Intisari

Selama life cycle pesawat terbang, akan ada resiko terjadinya tabrakan dengan foreign object atau benda asing. Birdstrike merupakan tabrakan antara burung dengan komponen pesawat yang menghadap langsung pada arah jelajah pesawat, yang terdiri dari windshield, necelles, nose, wing leading edge dan engine blade. Kemungkinan besar terjadinya birdstrike ialah pada area windshield. Pada laporan tugas akhir ini, penulis membahas tentang simulasi numerik tabrak burung pada windshield pesawat N219 yang dirancang oleh PT. Dirgantara Indonesia. Analisis yang dilakukan mengacu pada Airworthiness Regulation (FAR 23). Kecepatan tumbukan dan massa burung telah ditentukan oleh jenis pesawat yang dianalisis. Model burung yang digunakan adalah model burung silinder berujung hemisfer dengan massa 0,91 kg, panjang 180 mm, dan diameter 90 mm. Densitas burung ditetapkan sebesar 938 Kg/m3. Pendekatan yang dilakukan ialah menggunakan metode ALE (Arbitery Lagrangian Eulerian). Pada metode ini, burung dimodelkan sebagai partikel dengan memiliki banyak elemen penyusun yang menjadi kesatuan serta memiliki karakteristik mekanik tertentu. Burung bergerak dengan kecepatan 62 m/s relatif terhadap pesawat dan sudut datang sejajar serta tegak lurus sumbu longitudinal pesawat. Dalam melakukan pemodelan, simulasi, dan analisis numerik kasus ini, penulis menggunakan perangkat lunak ABAQUS CAE.

Tipe Koleksi: Thesis (Skripsi)
Subjek: Aircraft Maintenance > Troubleshooting
Contributors:
ContributionPembimbingNIDNEmail
UNSPECIFIEDArdianto, Haris1105201508UNSPECIFIED
UNSPECIFIEDSetiawan, Hery0509097801UNSPECIFIED
Program Studi: S1 Teknik Dirgantara
Diposting Oleh: Elang Panca
Tanggal Diposting: 12 Mar 2021 07:01
Terakhir diubah: 14 Nov 2023 06:45
URI: https://digilib.sttkd.ac.id/id/eprint/1028

Actions (login required)

View Item View Item