Pratama, Wisnu Jota (2020) Analisis Numerik Birdstrike pada Windshield Pesawat N219 : Prediksi Simulasi Tumbukan. Skripsi thesis, SEKOLAH TINGGI TEKNOLOGI KEDIRGANTARAAN YOGYAKARTA.
![]() |
Text (abstrak)
ABSTRAK.pdf Restricted to Registered users only Download (170kB) |
![]() |
Text (bab 1)
BAB 1.pdf Restricted to Registered users only Download (533kB) |
![]() |
Text (bab 2a)
BAB 2A.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (bab 2b)
BAB 2B.pdf Restricted to Registered users only Download (928kB) |
![]() |
Text (bab 3)
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (901kB) |
![]() |
Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (191kB) |
Abstract | Intisari
Selama life cycle pesawat terbang, akan ada resiko terjadinya tabrakan dengan foreign object atau benda asing. Birdstrike merupakan tabrakan antara burung dengan komponen pesawat yang menghadap langsung pada arah jelajah pesawat, yang terdiri dari windshield, necelles, nose, wing leading edge dan engine blade. Kemungkinan besar terjadinya birdstrike ialah pada area windshield. Pada laporan tugas akhir ini, penulis membahas tentang simulasi numerik tabrak burung pada windshield pesawat N219 yang dirancang oleh PT. Dirgantara Indonesia. Analisis yang dilakukan mengacu pada Airworthiness Regulation (FAR 23). Kecepatan tumbukan dan massa burung telah ditentukan oleh jenis pesawat yang dianalisis. Model burung yang digunakan adalah model burung silinder berujung hemisfer dengan massa 0,91 kg, panjang 180 mm, dan diameter 90 mm. Densitas burung ditetapkan sebesar 938 Kg/m3. Pendekatan yang dilakukan ialah menggunakan metode ALE (Arbitery Lagrangian Eulerian). Pada metode ini, burung dimodelkan sebagai partikel dengan memiliki banyak elemen penyusun yang menjadi kesatuan serta memiliki karakteristik mekanik tertentu. Burung bergerak dengan kecepatan 62 m/s relatif terhadap pesawat dan sudut datang sejajar serta tegak lurus sumbu longitudinal pesawat. Dalam melakukan pemodelan, simulasi, dan analisis numerik kasus ini, penulis menggunakan perangkat lunak ABAQUS CAE.
Tipe Koleksi: | Thesis (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Subjek: | Aircraft Maintenance > Troubleshooting | ||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Program Studi: | S1 Teknik Dirgantara | ||||||||||||
Diposting Oleh: | Elang Panca | ||||||||||||
Tanggal Diposting: | 12 Mar 2021 07:01 | ||||||||||||
Terakhir diubah: | 14 Nov 2023 06:45 | ||||||||||||
URI: | https://digilib.sttkd.ac.id/id/eprint/1028 |
silahkan login terlebih dahulu untuk melihat text diatas, jika belum mempunyai akun anda dapat mendaftar akun digilib silahkan Klik disini
![]() |
View Item |