FIKHI DIRZA PERDANA, MUHAMMAD (2020) ANALISIS PENERAPAN SISTEM TANGGAP DARURAT KEBAKARAN DI BANDAR UDARA RAJA HAJI FISABILILLAH TANJUNGPINANG. Skripsi thesis, SEKOLAH TINGGI TEKNOLOGI KEDIRGANTARAAN YOGYAKARTA.
![]() |
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Restricted to Registered users only Download (133kB) |
![]() |
Text (BAB I)
BAB 1.pdf Restricted to Registered users only Download (188kB) |
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (493kB) |
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (358kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (79kB) |
Abstract | Intisari
Salah satu penyebab terjadinya kebakaran dan tingginya dampak kerugian akibat kebakaran dikarenakan tidak terpenuhinya sarana pencegahan dan penanggulangan kebakaran secara memadai. Untuk itu sangat perlu untuk dilakukan upaya penerapan sistem pencegahan dan penanggulangan bahaya kebakaran sesuai peraturan dan standar yang berlaku agar mampu dalam hal pencegahan kejadian kebakaran, mengurangi frekwensi kejadian kebakaran, serta meminimalkan dampak kerugian akibat kebakaran. Untuk itu perlu merencanakan dan menerapkan sistem tanggap darurat sebagai metode yang digunakan yaitu manajemen proteksi kebakaran, sistem proteksi aktif dan sarana penyelamatan jiwa. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kesesuaian penerapan manajemen tanggap darurat kebakaran, mengetahui kesesuaian penerapan sistem proteksi aktif kebakaran dan mengetahui kesesuaian penerapan sarana penyelamatan jiwa di Bandar Udara Raja Haji Fisabilillah. Metode penelitian yang dilakukan pada penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan observasional, objek pada penelitian ini adalah manajemen proteksi kebakaran yang terdiri dari Prosedur Tanggap Darurat Kebakaran, Organisasi Tanggap Darurat dan Sumber Daya Manusia (SDM) , selanjutnya Sistem Proteksi Aktif yang terdiri dari APAR, Hidran, Sprinkler, Detektor dan Alarm Kebakaran, kemudian Sarana Penyelamatan Jiwa yang terdiri dari Petunjuk Arah Evakuasi, Pintu Darurat, Tangga Darurat dan Tempat Berhimpun. Berdasarkan hasil penilaian yang telah dilakukan, tingkat kesesuaian manajemen proteksi kebakaran adalah 100 % artinya baik yaitu seluruhnya sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku. Sistem proteksi aktif adalah 74,56 % yaitu cukup baik artinya terpasang tetapi ada beberapa sarana proteksi aktif yang belum terpasang dan ada yang belum sesuai dengan peraturan perundangan dan sarana penyelamatan jiwa di Bandar Udara Raja Haji Fisabilillah adalah 86,45 % yaitu baik artinya seluruhnya sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku. Sehingga dapat disimpulkan dari penelitian ini adalah bahwa penerapan Sistem Tanggap Darurat Kebakaran di Bandar Udara Raja Haji Fisabilillah seluruhnya sudah sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku. Kata kunci : Sistem tanggap darurat kebakaran, Bandar Udara Raja Haji Fisabilillah
Tipe Koleksi: | Thesis (Skripsi) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Subjek: | Aviation Profession > Airport Rescue and Fire Fighting (PKP- PK) | ||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Program Studi: | D4 Manajemen Transportasi Udara | ||||||||
Diposting Oleh: | Agus Kurnia | ||||||||
Tanggal Diposting: | 15 Mar 2021 01:39 | ||||||||
Terakhir diubah: | 15 Mar 2021 01:39 | ||||||||
URI: | https://digilib.sttkd.ac.id/id/eprint/1035 |
silahkan login terlebih dahulu untuk melihat text diatas, jika belum mempunyai akun anda dapat mendaftar akun digilib silahkan Klik disini
![]() |
View Item |