PENGARUH FASILITAS RUANG TUNGGU TERMINAL BARU TERHADAP TINGKAT KEPUASAN PENUMPANG DI BANDAR UDARA SYAMSUDIN NOOR BANJARMASIN

Dahlin, Owen (2020) PENGARUH FASILITAS RUANG TUNGGU TERMINAL BARU TERHADAP TINGKAT KEPUASAN PENUMPANG DI BANDAR UDARA SYAMSUDIN NOOR BANJARMASIN. Skripsi thesis, SEKOLAH TINGGI TEKNOLOGI KEDIRGANTARAAN YOGYAKARTA.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (82kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (213kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (439kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (327kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (80kB)
Official URL: http://digilib.sttkd.ac.id/

Abstract | Intisari

Faktor pendorong dan pendukung di ruang tunggu terminal lama, sanagatlah tidak layak dalam kapasitas ruang tunggunya dimana terminal lama masih belum standar dengan standar pelayanan penumpang di PM 38 Tahun 2015, maka dari itu pemerintah Banjarmasin Kalimantan Selatan melakukan renovasi terhadap Bandar Udara Syamsudin Noor yang lama menjadi Bandar Udara baru sehingga penulis bertujuan untuk memaparkan seberapa besar pengaruh fasilitas ruang tunggu terminal baru terhadap tingkat kepuasan penumpang di Bandar Udara Syamsudin Noor Banjarmasin. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 2 Maret sampai dengan 2 Mei 2020 di Bandar Udara Syamsudin Noor Banjarmasin dengan menyebarkan kuesioner kepada 30 responden. Populasi yang diambil dalam penelitian ini adalah penumpang di ruang tunggu terminal baru Bandar Udara Syamsudin Noor Banjarmasin, sedangkan yang menjadi sampelnya adalah penumpang yang berada di ruang tunggu terminal baru Bandar Udara Syamsudin Noor Banjarmasin, setelah menyebarkan kuesioner kepada responden selanjutnya dari data yang diperoleh dilakukan uji validitas, uji reliabilitas, analisis regresi linear sederhana, uji parsial atau uji t, dan koefisien determinasi.Hasil Pengujian menunjukan bahwa dari dua variabel x dan y x(fasilitas ruang tunggu) dan y (kepuasan penumpang) dengan analisis regresi linear sederhana dimana nilai koefisien konstanta sebesar 1,409 yang berarti apabila variabel fasilitas ruang tunggu tidak ada atau nilainya sama dengan nol, dan nilai koefisien variabel bebas adalah sebesar 0,944 atau sebesar 94% koefisien tersebut bernilai positif. Dilanjutkan juga dengan uji t parsial dengan nilai t hitung sebesar 22,415 > 1,981 dari t table maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis diterima atau dengan kata lain fasilitas (x) berpengaruh terhadap tingkat kepuaasn penumpang (y), diketahui juga nilai sig. 0,000 < 0,005 dan dapat disimpulkan bahwa fasilitas (x) berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan penumpang (y). Hasil dari koefisien determinasi diperoleh nilai adjusted r sebesar 0,820 atau sebesar 82% dan juga hasil dari nilai koefisien korelasi sebesar 0,906 artinya terdapat hubungan yang sangat kuat antara fasilitas ruang tunggu terminal baru dengan kepuasan penumpang di Bandar Udara Syamsudin Noor Banjarmasin. Kata Kunci: Fasilitas Ruang Tunggu, Kepuasan Penumpang, Bandar Udara Syamsudin Noor Banjarmasin

Tipe Koleksi: Thesis (Skripsi)
Subjek: Airport > Boarding Lounge
Contributors:
ContributionPembimbingNIDNEmail
UNSPECIFIEDAwan, Awan0528058803UNSPECIFIED
Program Studi: D4 Manajemen Transportasi Udara
Diposting Oleh: Agus Kurnia
Tanggal Diposting: 15 Mar 2021 02:38
Terakhir diubah: 15 Mar 2021 02:38
URI: https://digilib.sttkd.ac.id/id/eprint/1039

Actions (login required)

View Item View Item