AERODINAMIKA DAN STRUKTUR WINGLET PADA PESAWAT B737-800 NEXT GENERATION

PRADANA, ADITYA RICHI INDRA (2018) AERODINAMIKA DAN STRUKTUR WINGLET PADA PESAWAT B737-800 NEXT GENERATION. Tugas Akhir thesis, SEKOLAH TINGGI TEKNOLOGI KEDIRGANTARAAN.

[img] Text (ABSTRAK)
abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (117kB)
[img] Text (BAB I)
bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (261kB)
[img] Text (BAB II)
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (726kB)
[img] Text (BAB III)
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (216kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (103kB)
Official URL: https://digilib.sttkd.ac.id/cgi/users/home?screen=...

Abstract | Intisari

Dalam perkembangan dunia kedirgantaraan banyak kasus yang menyebabkan pesawat terbang tidak efisien dalam hal konsumsi bahan bakar antara lain, kasus terjadinya vortex drag yang mengakibatkan naiknya coefisient drag dan turunnya coefisient lift yang menyebabkan penggunaan bahan bakar cenderung tinggi untuk menerbangkan pesawat. Pihak industri pesawat terbang melakukan terobosan teknologi penghematan bahan bakar, salah satunya adalah dengan memasang winglet. Tugas akhir ini bertujuan untuk mengetahui fungsi, aerodinamika, dan struktur winglet Boeing 737-800 Next Generation. Penulisan Tugas Akhir ini merupakan penulisan kualitatif yaitu suatu pendekatan yang juga di sebut investigasi. Peneliti mengumpulkan data dengan cara bertatap muka langsung dan berinteraksi dengan orang-orang di tempat penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa winglet berfungsi merubah aliran udara turbulance yang ada pada ujung sayap menjadi aliran udara yang laminar, efisiensi bahan bakar, peningkatan payload range, mengurangi flutter (getaran pada wing), dan tampilan semakin modern. Pemasangan winglet berfungsi memperluas area dari wing pesawat, sehingga semakin luas area wing pesawat maka semakin besar gaya lift yang dihasilkan. Struktur winglet terdiri dari rib, spar, dan skin dimana semuanya dibuat dengan prinsip seringan mungkin karena penambahan beban akan meningkatkan penggunaan bahan bakar, tetapi tidak mengurangi ketahanan dan kekuatan winglet tersebut.

Tipe Koleksi: Thesis (Tugas Akhir)
Subjek: Aircraft Components > Wing (sayap) > Winglet
Contributors:
ContributionPembimbingNIDNEmail
ContributorSUROSO, INDRESWARIUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Program Studi: D3 Aeronautika
Diposting Oleh: Akmal
Tanggal Diposting: 22 Mar 2021 06:35
Terakhir diubah: 14 Nov 2023 02:57
URI: https://digilib.sttkd.ac.id/id/eprint/1138

Actions (login required)

View Item View Item