AIR CYCLE MACHINE PADA PESAWAT BK 117

FERNANDO, NOVANDA BAYU (2018) AIR CYCLE MACHINE PADA PESAWAT BK 117. Tugas Akhir thesis, SEKOLAH TINGGI TEKNOLOGI KEDIRGANTARAAN.

[img] Text (ABSTRAK)
abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (101kB)
[img] Text (BAB I)
bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB)
[img] Text (BAB II)
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (858kB)
[img] Text (BAB III)
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (341kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (93kB)
Official URL: https://digilib.sttkd.ac.id/cgi/users/home?screen=...

Abstract | Intisari

Air Cycle Machine adalah mesin siklus udara yang digunakan untuk proses ekspansi dan kompresi udara, dimana di dalamnya terdiri dari turbin dan kompresor yang terpasang pada sebuah poros dan berada dalam sebuah kerangka mesin yang berfungsi untuk mengondisikan suhu udara. Udara pada air cycle machine disuplai oleh pneumatic system dari kedua engine bleed air pada saat engine dihidupkan. Tugas Akhir ini bertujuan untuk menjelaskan fungsi, system operasional, cara kerja, dan trouble shooting air cycle machine pada pesawat BK 117. Penelitian ini dilakukan di hanggar PT.SURYA AIR Kediri. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dan analisis yang digunakan adalah analisis kualitatif karena hanya menggunakan gambar-gambar dalam penulisan tidak menggunakan angka ataupun perhitungan. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi observasi terhadap komponen air cycle machine pada pesawat BK 117, wawancara dengan engineer pesawat BK 117, dan studi pustaka dengan mengumpulkan sumber-sumber data dari buku atau referensi lain seperti maintenance manual. Hasil pembahasan mengenai system operasional air cycle machine ini menyimpulkan bahwa fungsi air cycle machine adalah untuk mengondisikan suhu udara dan sebagai penjamin adanya pressurized di dalam cockpit dan passanger cabin, sehingga memberikan kondisi lingkungan yang aman dan nyaman bagi para awak pesawat. Sistem proteksi suhu udara pada air cycle machine terdiri dari compressor discharger over heat switch 390 ͦF (199 ͦ C), turbin inlate overheat switch 210 ͦ F (99 ͦ C), dan cabin duct overheat switch 250 ͦ F (121 ͦ C). Trouble shooting pada air cycle machine terjadi apabila heat exchanger mengalami block di dalam saluran udara dan di dalam heat exchanger terdapat kotoran, selanjutnya cara penanganan ini dengan cara pembersihan komponen atau pengantian komponen yang rusak.

Tipe Koleksi: Thesis (Tugas Akhir)
Subjek: Aircraft System > Starting System
Contributors:
ContributionPembimbingNIDNEmail
ContributorFAJAR ARUM, WAHYUNIUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Program Studi: D3 Aeronautika
Diposting Oleh: Akmal
Tanggal Diposting: 22 Mar 2021 06:39
Terakhir diubah: 15 Nov 2023 02:32
URI: https://digilib.sttkd.ac.id/id/eprint/1140

Actions (login required)

View Item View Item