Luthfi Pembudi, M Tri (2018) Analisa Kerusakan No Automatic Connection of the IDG. Tugas Akhir thesis, SEKOLAH TINGGI TEKNOLOGI KEDIRGANTARAAN.
![]() |
Text (ABSTRAK)
abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (89kB) |
![]() |
Text (BAB I)
bab 1.pdf Restricted to Registered users only Download (264kB) |
![]() |
Text (BAB II)
bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (301kB) |
![]() |
Text (BAB III)
bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (358kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
daftar pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (50kB) |
Abstract | Intisari
IDG (Integrated Drive Generator) merupakan komponen yang berfungsi sebagai penghasil listrik AC(Alternating Curent) pada pesawat terbang. Pesawat memiliki 3 generator, yaitu 2 di engine 1 dan 2, sisanya 1 pada APU (Auxiliary Power Unit). Generator berfungsi sebagai sumber daya listrik pada pesawat dan APU berada dalam posisi stand by dan hanya digunakan ketika pesawat kekurangan daya listrik. IDG pada pesawat Airbus A320 terdiri dari CSD (Constan Speed Drive) yang berfungsi sebagai pengatur perputaran turbine agar tetap konstan. Kerusakan yang terjadi adalah IDG yang tidak terkoneksi secara otomatis. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab komponen – komponen, sebab akibat kerusakan, dan cara penanggulangan kerusakan IDG yang tidak terkoneksi secara otomatis pada pesawat Airbus A320. Penelitian ini dilaksanakan di PT. Indopelita Aircraft Services (IAS) Pondok Cabe pada tanggal 02 Mei – 29 Juni 2018. Jenis penelitian ini menggunakan analisis deskrptif kuantitaf dengan data primer dan data sekunder dengan teknik pengumpulan data berupa observasi lapangan, wawancara, dan studi kepustakaan. IDG memiliki 10 komponen yang terdiri dari Filter Clogging Indicator, Oil Level Indicator, Oil Cooler, Oil Filter, Overflow Drain Port, Pressure Fill Port, Disconnect Reset Handle, Vent Valve, Electrical Connector, Case Drain Plug. Ada 2 kemungkinan yang menyebabkan IDG tidak dapat terkoneksi dengan otomatis yaitu, hambatan wire yang melebihi batas ketentuan sehingga aliran listrik tidak dapat mengalir dan output GCU yang tidak stabil karena perputaran generator tidak konstan yang menyebabkan IDG mengalami overload/low voltage . Perlu dilakukan upaya penanggulangan yaitu dengan mengganti komponen IDG yang baru agar tidak terjadi penurunan performance kembali.
Tipe Koleksi: | Thesis (Tugas Akhir) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Subjek: | Aircraft Maintenance > Troubleshooting | ||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Program Studi: | D3 Aeronautika | ||||||||
Diposting Oleh: | Akmal | ||||||||
Tanggal Diposting: | 22 Mar 2021 06:44 | ||||||||
Terakhir diubah: | 14 Nov 2023 06:37 | ||||||||
URI: | https://digilib.sttkd.ac.id/id/eprint/1143 |
silahkan login terlebih dahulu untuk melihat text diatas, jika belum mempunyai akun anda dapat mendaftar akun digilib silahkan Klik disini
![]() |
View Item |