FIRMANTO BARUS, RICARD (2018) ANTI SKID SYSTEM PADA PESAWAT BOEING 737-300 SERIES DI PT. TRIGANA AIR SERVICE. Tugas Akhir thesis, SEKOLAH TINGGI TEKNOLOGI KEDIRGANTARAAN.
![]() |
Text (ABSTRAK)
abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (116kB) |
![]() |
Text (BAB I)
bab 1.pdf Restricted to Registered users only Download (155kB) |
![]() |
Text (BAB II)
bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (424kB) |
![]() |
Text (BAB III)
bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (442kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
daftar pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (57kB) |
Abstract | Intisari
Pada umumnya pesawat terbang dilengkapi dengan brake system (system pengereman). Salah satu brake system yang umumnya terdapat pada pesawat-pesawat adalah anti skid. Anti skid berfungsi untuk membatasi penggunaan brake secara maksimal jika pesawat terbang masih melaju dengan kecepatan tinggi agar tidak terjadi skid atau slip pada roda pesawat terbang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui fungsi komponen-komponen utama anti skid system, untuk mengetahui cara kerja dari anti skid system, dan untuk mengetahui prosedur maintenance anti skid system pada pesawat Boeing 737-300 Series. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 23 Januari – 23 Maret 2018 bertempat di PT. Trigana Air Service di Bandar Udara Sentani Jayapura, Papua. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Metode kualitatif merupakan metode penelitian yang berlandaskan filsafat positivisme. Sumber data dalam penelitian menggunakan data sekunder yaitu sumber data yang diperoleh dengan cara membaca, mempelajari dan memahami melalui media lain yang bersumber dari literatur, serta dokumen perusahaan. Hasil pembahasan dalam Tugas Akhir ini Anti skid system merupakan sistem digital yang terdapat pada hydroulic brake system, berfungsi untuk mencegah terjadinya wheel skidding pada saat melakukan pendaratan (landing) manual atau automatic braking. Sinyal roda kemudian akan diproses oleh individual wheel circuit didalam anti skid control unit, untuk mengontrol brake pressure melalui anti skid valve yang akan diarahkan ke wheel brake unit Troubleshooting yang terjadi pada anti skid control valve terjadi pada torque motor yang mengalami kerusakan, yang berakibat control valve tidak dapat lagi menerima signal dari anti skid control unit. Cara penggunaannya dengan melakukan penggantian terhadap anti skid control valve yang rusak tersebut
Tipe Koleksi: | Thesis (Tugas Akhir) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Subjek: | Aircraft System > Anti Skid | ||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Program Studi: | D3 Aeronautika | ||||||||
Diposting Oleh: | Akmal | ||||||||
Tanggal Diposting: | 22 Mar 2021 06:57 | ||||||||
Terakhir diubah: | 22 Mar 2021 06:57 | ||||||||
URI: | https://digilib.sttkd.ac.id/id/eprint/1146 |
silahkan login terlebih dahulu untuk melihat text diatas, jika belum mempunyai akun anda dapat mendaftar akun digilib silahkan Klik disini
![]() |
View Item |