ANTI SKID SYSTEM PADA PESAWAT BOEING 737-300 SERIES DI PT. TRIGANA AIR SERVICE

FIRMANTO BARUS, RICARD (2018) ANTI SKID SYSTEM PADA PESAWAT BOEING 737-300 SERIES DI PT. TRIGANA AIR SERVICE. Tugas Akhir thesis, SEKOLAH TINGGI TEKNOLOGI KEDIRGANTARAAN.

[img] Text (ABSTRAK)
abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (116kB)
[img] Text (BAB I)
bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (155kB)
[img] Text (BAB II)
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (424kB)
[img] Text (BAB III)
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (442kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (57kB)
Official URL: https://digilib.sttkd.ac.id/cgi/users/home?screen=...

Abstract | Intisari

Pada umumnya pesawat terbang dilengkapi dengan brake system (system pengereman). Salah satu brake system yang umumnya terdapat pada pesawat-pesawat adalah anti skid. Anti skid berfungsi untuk membatasi penggunaan brake secara maksimal jika pesawat terbang masih melaju dengan kecepatan tinggi agar tidak terjadi skid atau slip pada roda pesawat terbang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui fungsi komponen-komponen utama anti skid system, untuk mengetahui cara kerja dari anti skid system, dan untuk mengetahui prosedur maintenance anti skid system pada pesawat Boeing 737-300 Series. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 23 Januari – 23 Maret 2018 bertempat di PT. Trigana Air Service di Bandar Udara Sentani Jayapura, Papua. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Metode kualitatif merupakan metode penelitian yang berlandaskan filsafat positivisme. Sumber data dalam penelitian menggunakan data sekunder yaitu sumber data yang diperoleh dengan cara membaca, mempelajari dan memahami melalui media lain yang bersumber dari literatur, serta dokumen perusahaan. Hasil pembahasan dalam Tugas Akhir ini Anti skid system merupakan sistem digital yang terdapat pada hydroulic brake system, berfungsi untuk mencegah terjadinya wheel skidding pada saat melakukan pendaratan (landing) manual atau automatic braking. Sinyal roda kemudian akan diproses oleh individual wheel circuit didalam anti skid control unit, untuk mengontrol brake pressure melalui anti skid valve yang akan diarahkan ke wheel brake unit Troubleshooting yang terjadi pada anti skid control valve terjadi pada torque motor yang mengalami kerusakan, yang berakibat control valve tidak dapat lagi menerima signal dari anti skid control unit. Cara penggunaannya dengan melakukan penggantian terhadap anti skid control valve yang rusak tersebut

Tipe Koleksi: Thesis (Tugas Akhir)
Subjek: Aircraft System > Anti Skid
Contributors:
ContributionPembimbingNIDNEmail
ContributorSOFYAN, EDIUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Program Studi: D3 Aeronautika
Diposting Oleh: Akmal
Tanggal Diposting: 22 Mar 2021 06:57
Terakhir diubah: 22 Mar 2021 06:57
URI: https://digilib.sttkd.ac.id/id/eprint/1146

Actions (login required)

View Item View Item