ANALISA PERBANDINGAN KETEBALAN BAHAN LOGAM ALUMUNIUM PADA HEAT EXCHANGER DENGAN STEEL DAN STAINLESS STEEL 316L DENGAN METODE ULTRASONIC THICKNESS TEST DAN COATING THICKNESS MEASUREMENT TEST PADA PESAWAT BOEING 737-800 NEXT GENERATION

SAPUTRO, MOCHAMAD HADI (2018) ANALISA PERBANDINGAN KETEBALAN BAHAN LOGAM ALUMUNIUM PADA HEAT EXCHANGER DENGAN STEEL DAN STAINLESS STEEL 316L DENGAN METODE ULTRASONIC THICKNESS TEST DAN COATING THICKNESS MEASUREMENT TEST PADA PESAWAT BOEING 737-800 NEXT GENERATION. Tugas Akhir thesis, SEKOLAH TINGGI TEKNOLOGI KEDIRGANTARAAN.

[img] Text (ABSTRAK)
abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (48kB)
[img] Text (BAB I)
bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (241kB)
[img] Text (BAB II)
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (495kB)
[img] Text (BAB III)
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (190kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (80kB)
Official URL: https://digilib.sttkd.ac.id/cgi/users/home?screen=...

Abstract | Intisari

Pesawat terbang merupakan alat transportasi universal yang dapat membawa barang dan manusia ketempat manapun melalui jalur udara. Kegagalan suatu komponen mesin dalam pesawat terbang dapat menyebabkan catasthropic effect (bencana) yang dapat merugikan. Oleh sebab itu, diperlukan check dan maintenance untuk memastikan semua komponen mesin dalam kondisi layak .Non Destructive Test (NDT) adalah metode inspeksi terhadap suatu material untuk melokalisasi cacat, menyesuaikan dengan spesifikasi, mengukur dimensi, melihat kaitan antara struktur mikro dengan proses pengerjaan, dan melihat kekasaran permukaan tanpa mengubah struktur material tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, di mana penulis menjelaskan tentang analisa perbandingan ketebalan bahan logam alumunium pada Heat Exchanger pada pesawat Boeing 737-800 Next Generation yang dibandingkan dengan logam Steel dan Stainless Steel 316L dengan metode Ultrasonic Thickness Test dan Coating Thickness Measurement Test. Analisis data yang digunakan yaitu analisis kuantitatif dimana menggunakan angka sebagai hasil dari pengujian. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi observasi terhadap objek pengamatan bahan dasar logam Heat Exchanger pada pesawat Boeing 737-800 Next Generation dan studi pustaka dengan mengumpulkan sumber-sumber data dari buku atau referensi lain. Metoda ultrasonic digunakan untuk mengidentifikasi adanya cacat di bawah permukaan komponen yang diuji, yang tidak tampak dari bagian luar permukaan. Adanya cacat di bawah permukaan suatu bidang atau komponen dapat melalui penurunan angka ketebalan dari pada bagian yang diuji terhadap nilai normal rata-rata pada bagian sekitar atau terhadap tebal sesuai data spesifikasi. Thickness Test dapat menjadi tolak ukur dalam menganalisa bagaimana suatu bahan memiliki sifat densitas yang layak atau tidak.

Tipe Koleksi: Thesis (Tugas Akhir)
Subjek: Aircraft Components > Engine/ Powerplan (Mesin Pesawat) > Heat Exchanger
Contributors:
ContributionPembimbingNIDNEmail
ContributorUtami, NovianaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Program Studi: D3 Aeronautika
Diposting Oleh: Akmal
Tanggal Diposting: 22 Mar 2021 07:15
Terakhir diubah: 14 Nov 2023 06:22
URI: https://digilib.sttkd.ac.id/id/eprint/1154

Actions (login required)

View Item View Item