Alfaridzi, Mohamad (2020) ANALISIS KINERJA PETUGAS GATE TERHADAP PELAYANAN BOARDING PENUMPANG PADA AREA GATE DI BANDAR UDARA MUARA BUNGO JAMBI. Tugas Akhir thesis, SEKOLAH TINGGI TEKNOLOGI KEDIRGANTARAAN YOGYAKARTA.
Text (ABSTRAK)
134_1.pdf Restricted to Registered users only Download (32kB) |
|
Text (BAB I)
134_2.pdf Restricted to Registered users only Download (296kB) |
|
Text (BAB II)
134_3.pdf Restricted to Registered users only Download (433kB) |
|
Text (BAB III)
134_4.pdf Restricted to Registered users only Download (318kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
134_5.pdf Restricted to Registered users only Download (26kB) |
Abstract | Intisari
Kelancaran penerbangan sangatlah penting maka dari itu peran petugas gate menjadi salah satu kunci dalam kelancaran penerbangan. Namun tidak semua petugas gate dapat bekerja secara maksimal maka dibutuhkannya suatu skill dari masing-masing petugas boarding gate. Analisis petugas boarding gate yang bertujuan untuk melihat kinerja dari petugas baording gate itu sendiri dengan mengacu pada Standart Operasional Prosedure yang ada, diharapkan petugas dapat bekerja secara maksimal. Tujuan penelitian ini (1) Menganalisis peran petugas baording gate dalam memberikan pelayanan yang baik terhadap penumpang menurut Standart Operasional Prosedure (SOP) yang telah ditetapkan oleh pihak penyelenggara bandar udara, dan (2) menganalisis upaya yang dilakukan PT.BPSJ selaku pengelola boarding gate Bandar Udara Muara Bungo Jambi dalam meningkatkan kinerja dari petugas gate. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dimana data yang dihasilkan berbentuk deskripsi hasil pengolahan data. Data primer dalam penelitian ini berupa wawancara dan observasi, sedangkan untuk data sekunder berupa datadata dari penelitian sebelumnya. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisa data pertama pengumpulan data, kedua reduksi data, ketiga penyajian data, dan yang terakhir adalah penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dari analisis kinerja petugas boarding gate didapatkan hasil bahwa petugas boarding gate tidak bekerja secara maksimal. dikarenakan jumlah petugas yang terlalu banyak sedangkan jumlah penumpang yang terlalu sedikit ditiap harinya, PT. BPSJ memiliki caranya sendiri dalam menghadapi masalah tersebut, cara yang dimaksud adalah (1) PT. BPSJ meminta leader dari boarding gate untuk melakukan pengamatan terhadap petugas boarding gate yang sedang bekerja, (2) PT. BPSJ melakukan seleksi terhadap petugas boarding gate yang bertujuan untuk mendapatkan informasi kinerja dari petugas boarding gate, setelah dilakukan nya tahap-tahap tersebut, PT.BPSJ melakukan pengurangan terhadap jumlah dari petugas baording gate supaya petugas boarding gate dapat bekerja secara maksimal dan bertujuan untuk meningkatkan kinerja dari petugas boarding gate yang dianggap sebagai cara terbaik pada saat ini.
Tipe Koleksi: | Thesis (Tugas Akhir) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Subjek: | Airport > Boarding Gate | ||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Program Studi: | D3 Manajemen Transportasi | ||||||||
Diposting Oleh: | Asrul Sani | ||||||||
Tanggal Diposting: | 22 Mar 2021 07:19 | ||||||||
Terakhir diubah: | 22 Mar 2021 07:19 | ||||||||
URI: | https://digilib.sttkd.ac.id/id/eprint/1156 |
Actions (login required)
View Item |