WING ANTI-ICING SYSTEM PADA PESAWAT BOEING 737-300

NURTOMO, TRI YOGI (2018) WING ANTI-ICING SYSTEM PADA PESAWAT BOEING 737-300. Tugas Akhir thesis, SEKOLAH TINGGI TEKNOLOGI KEDIRGANTARAAN.

[img] Text (ABSTRAK)
abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (60kB)
[img] Text (BAB I)
bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (217kB)
[img] Text (BAB II)
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (993kB)
[img] Text (BAB III)
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (295kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (36kB)
Official URL: https://digilib.sttkd.ac.id/cgi/users/home?screen=...

Abstract | Intisari

Semakin tinggi pesawat terbang maka penurunan suhu yang terjadi akan semakin besar. Pada ketinggian pesawat 35.000 kaki di atas permukaan laut suhunya bisa mencapai -57ᵒc. Hal ini dapat mengakibatkan terjadinya pembentukan es pada wing sehingga diperlukannya udara panas untuk mencegah hal tersebut. Namun penggunaan udara panas dapat berbahaya apabila udara panas yang mengalir tidak dibatasi sehingga menyebabkan overheat karena adanya kerusakan pada komponen. Sehingga pada penulisan tugas akhir ini bertujuan untuk mengetahui komponen apa saja yang terdapat pada sistem wing anti-icing dan bagaimana cara pengoperasiannya serta cara mengatasi terjadinya overheat. Penulisan tugas akhir ini merupakan penulisan yang bersifat deskriptif dimana penulis menjelaskan tentang wing anti-icing system secara global dan menyeluruh. Teknik pengumpulan data dalam melaksanakan tugas akhir ini meliputi observasi, wawancara, dan studi literatur. Pada wing anti-icing komponen yang terdapat pada sistem ini diantaranya adalah wing anti-icing dutct, wing anti-icing control valve, wing anti-icing control components, dan wing anti-icing ground overheat thermal switch. Sementara untuk pengoperasian wing anti-ice system ini dengan mengaktifkan switch yang berada di kokpit maka wing anti-ice akan menyala. Permasalahan overheat yang terjadi pada wing anti-icing terdapat beberapa faktor diantaranya, terjadinya kerusakan pada panel yang berada diatas kepala di dalam kokpit, kerusakan pada sensor thermal yang tidak bisa mendeteksi ketika suhu yang melewatinya lebih dari 125ᵒC, dan kerusakan pada valve yang tidak bisa menutup atau membuka sehingga cara mengatasinya dengan melakukan perbaikan atau pergantian pada komponen yang mengalami kerusakan.

Tipe Koleksi: Thesis (Tugas Akhir)
Subjek: Aircraft System > Icing System > Anti Icing
Contributors:
ContributionPembimbingNIDNEmail
ContributorNurcahyo, AgusUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Program Studi: D3 Aeronautika
Diposting Oleh: Akmal
Tanggal Diposting: 22 Mar 2021 07:26
Terakhir diubah: 15 Nov 2023 02:06
URI: https://digilib.sttkd.ac.id/id/eprint/1159

Actions (login required)

View Item View Item