IRAWAN, MUHAMAD TAUFIK (2020) ANALISIS TERJADINYA LOW OIL PRESSURE PADA ENGINE LYCOMING O-320 DAN CARA PENANGGULANGANNYA. Tugas Akhir thesis, SEKOLAH TINGGI TEKNOLOGI KEDIRGANTARAAN YOGYAKARTA.
Text (ABSTRAK)
136_1.pdf Restricted to Registered users only Download (63kB) |
|
Text (BAB I)
136_2.pdf Restricted to Registered users only Download (235kB) |
|
Text (BAB II)
136_3.pdf Restricted to Registered users only Download (714kB) |
|
Text (BAB III)
136_4.pdf Restricted to Registered users only Download (336kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
136_5.pdf Restricted to Registered users only Download (61kB) |
Abstract | Intisari
Pesawat terbang adalah sebuah benda yang dapat terbang di angkasa, baik lebih berat dari udara maupun lebih ringan dari udara. Pesawat dapat terbang karena dipengaruhi oleh adanya udara.Seiring dengan perkembangan waktu, teknologi dan ilmu pengetahuan di dunia penerbangan sudah sangat maju. Perawatan pesawat udara berfungsi untuk memastikan kelaikudaraan pengoprasian pesawat udara. Apabila perawatan pesawat udara tidak dilakukan sesuai dengan standar dengan prosedur yang berlaku, maka hal terebut akan membahayakan keselamatan penerbangan.Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui masalah-masalah yang terjadi dibidang penerbangan salah satunya yaitu terjadinya low oil pressure pada engine lycoming O-320. Dalam melakukan perawatan untuk menjamin keselamatan, keamanan dan kenyamanan dalam pengoprasian pesawat terbang. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder digunakan untuk mendukung informasi yang didapatkan dari sumber data primer yaitu dari bahan studi pustaka, literatur, penelitian terdahulu, buku-buku, serta dokumen dari perusahaan, antara lain ; Aircraft Maintenance Manual Engine Lycoming O-320, Maintenace Training Manual Engine Lycoming O-320. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor penyebab terjadinya low oil pressure pada engine lycoming O-320 yaitu disebabkan oleh malfuction pada komponan oil level atau oil pressure tube dan terjadi kerusakan pada relief valve seperti kerusakan fisik bagian spring yang sudah lemah atau tension berkurang. Sehingga suplai oli tidak bekerja secara normal dan mengakibatkan low oil pressure. Upaya penanggulan penyebab kerusakan dan malfuction pada komponen Oil Level atau Oil Pressure Tube dan oil pressure relief valve adalah dengan menganti komponen-komponen tersebut.
Tipe Koleksi: | Thesis (Tugas Akhir) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Subjek: | Aircraft Maintenance > Troubleshooting | ||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Program Studi: | D3 Manajemen Transportasi | ||||||||
Diposting Oleh: | Asrul Sani | ||||||||
Tanggal Diposting: | 22 Mar 2021 07:45 | ||||||||
Terakhir diubah: | 14 Nov 2023 03:32 | ||||||||
URI: | https://digilib.sttkd.ac.id/id/eprint/1165 |
Actions (login required)
View Item |