ANALISIS LEVEL OF SERVICE DAN TRAFFIC PENUMPANG SELAMA MASA PANDEMI COVID-19 HINGGA NEW NORMAL DI PT ANGKASA PURA II BANDAR UDARA INTERNASIONAL KERTAJATI MAJALENGKA

KEMAL NUARI, MUHAMMAD THAREQ (2020) ANALISIS LEVEL OF SERVICE DAN TRAFFIC PENUMPANG SELAMA MASA PANDEMI COVID-19 HINGGA NEW NORMAL DI PT ANGKASA PURA II BANDAR UDARA INTERNASIONAL KERTAJATI MAJALENGKA. Tugas Akhir thesis, SEKOLAH TINGGI TEKNOLOGI KEDIRGANTARAAN YOGYAKARTA.

[img] Text (ABSTRAK)
145_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (82kB)
[img] Text (BAB I)
145_2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (397kB)
[img] Text (BAB II)
145_3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (839kB)
[img] Text (BAB III)
145_4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (344kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
145_5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (160kB)
Official URL: https://digilib.sttkd.ac.id/

Abstract | Intisari

COVID-19 mulai mewabah di Indonesia pada pertengahan bulan Maret tahun 2020. Dampak adanya COVID-19 sangat dirasakan PT Angkasa Pura II Kertajati selaku pengelola Bandar Udara Internasional Kertajati. Mewabahnya COVID-19 membuat PT Angkasa Pura II Kertajati bekerja keras untuk tetap menjaga pelayanannya melalui unit-unit yang ada di dalamnya. Unit tersebut diantaranya unit Terminal Operation Services (TOS) dan juga Airport Quality & Data Management (AQDM). Tugas unit TOS salah satunya yaitu melakukan penghitungan Level of Service (LOS), LOS sendiri merupakan alat tolak ukur yang digunakan sebagai pedoman dan acuan kualitas pelayanan penumpang di area bandar udara, dalam hal ini yaitu tentang kecepatan dan ketepatan pelayanan. Unit AQDM sendiri bertugas mengolah data-data bandar udara salah satunya yaitu data traffic angkutan udara, yang meliputi data pesawat, penumpang, bagasi dan kargo. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seperti apa perkembangan OTP disistem LOS selama masa pandemi hingga new normal dan seperti apa dampak wabah COVID-19 terhadap data traffic penumpang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif yang dilakukan di dalam unit TOS dan unit AQDM. Sumber data dalam penelitian ini yaitu berasal dari data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari hasil observasi dan wawancara terstruktur, sedangkan data sekunder yang diperoleh secara tidak langsung dari dokumen dan arsip resmi seperti SOP, PM LOS, SKEP LOS. Analisis data yang digunakan yaitu dengan mengorganisasikan data, pemilahan data dan mensintesiskan data sehingga dapat disajikan dengan aktual kepada orang lain. Hasil penelitian ini dapat disampaikan bahwa Pandemi COVID-19 memiliki dampak signifikan dan instan baik terhadap OTP disistem LOS maupun terhadap traffic penumpang, dimana perkembangan OTP LOS selama Des 2019-Mar 2020, stabil dengan capaian 100%, namun turun hingga 0% pada bulan April-Juni 2020. Sedangkan data traffic penumpang sejak bulan Des 2019-Juni 2020 selalu turun, dan awal penurunan tertinggi terjadi bulan Maret 2020, kemudian diperparah pada periode April-Juni 2020, yang dibuktikan dengan nihilnya pergerakan penumpang.

Tipe Koleksi: Thesis (Tugas Akhir)
Subjek: Airport Service > Quarantine (Karantina)
Contributors:
ContributionPembimbingNIDNEmail
UNSPECIFIEDNieamah, Kartika Fajar0506068701UNSPECIFIED
Program Studi: D3 Manajemen Transportasi
Diposting Oleh: Asrul Sani
Tanggal Diposting: 23 Mar 2021 02:41
Terakhir diubah: 23 Mar 2021 02:41
URI: https://digilib.sttkd.ac.id/id/eprint/1214

Actions (login required)

View Item View Item