PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PETUGAS BOARDING GATE TERHADAP KEPUASAN PENUMPANG DI BANDAR UDARA INTERNASIONAL JENDERAL AHMAD YANI SEMARANG

Anggraini Putri, Nabila Fiana (2020) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PETUGAS BOARDING GATE TERHADAP KEPUASAN PENUMPANG DI BANDAR UDARA INTERNASIONAL JENDERAL AHMAD YANI SEMARANG. Tugas Akhir thesis, SEKOLAH TINGGI TEKNOLOGI KEDIRGANTARAAN YOGYAKARTA.

[img] Text (ABSTRAK)
149_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (65kB)
[img] Text (BAB I)
149_2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (332kB)
[img] Text (BAB II)
149_3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (456kB)
[img] Text (BAB III)
149_4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (439kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
149_5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (111kB)
Official URL: https://digilib.sttkd.ac.id/

Abstract | Intisari

Suatu bandar udara harus mengoptimalkan kualitas pelayanan jasa terutama dalam dunia penerbangan yang telah diatur dalam Peraturan Menteri Perhubungan No. PM. 178 Tahun 2015 tentang Standar Pelayanan Pengguna Jasa Bandar Udara yang menuntut untuk menjamin kelancaran khususnya proses penanganan penumpang di boarding gate. Petugas boarding gate merupakan petugas terakhir di area bandar udara, sehingga petugas boarding gate harus memberikan pelayanan yang maksimal agar penumpang di Bandar Udara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang bisa merasa puas sesuai dengan yang mereka harapkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan petugas boarding gate terhadap kepuasan penumpang di Bandar Udara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang. Penelitian ini berlangsung ± selama 1 bulan yaitu bulan Januari 2020. Penelitian ini dilakukan di PT. Gapura Angkasa Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan data primer yang diperoleh dari kuesioner dengan jumlah responden sebanyak 100 responden di boarding gate di Bandar Udara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan Microsoft Excel dan aplikasi SPSS untuk mengolah data. Penelitian ini menggunakan Analisis Regresi Linear Sederhana dengan pengukuran Skala Likert. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan antara kualitas pelayanan petugas boarding gate terhadap kepuasan penumpang di Bandar Udara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang yang ditunjukkan dengan nilai thitung yang lebih besar dari nilai ttabel yaitu sebesar 6,059 > 1,984. Berdasarkan hasil yang diperoleh koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,273, menunjukkan bahwa variabel kepuasan dapat dijelaskan oleh variabel kualitas pelayanan sebesar 27,3%.

Tipe Koleksi: Thesis (Tugas Akhir)
Subjek: Airport > Boarding Gate
Contributors:
ContributionPembimbingNIDNEmail
UNSPECIFIEDHaitam, R. Ibnu0522118201UNSPECIFIED
Program Studi: D3 Manajemen Transportasi
Diposting Oleh: Asrul Sani
Tanggal Diposting: 23 Mar 2021 03:39
Terakhir diubah: 23 Mar 2021 03:39
URI: https://digilib.sttkd.ac.id/id/eprint/1230

Actions (login required)

View Item View Item