PENANGANAN BAGASI DAN PENUMPANG MASKAPAI CITILINK OLEH UNIT CHECK IN COUNTER PT GAPURA ANGKASA DI BANDAR UDARA INTERNASIONAL ADISUTJIPTO YOGYAKARTA

Riana, Nada Febri (2020) PENANGANAN BAGASI DAN PENUMPANG MASKAPAI CITILINK OLEH UNIT CHECK IN COUNTER PT GAPURA ANGKASA DI BANDAR UDARA INTERNASIONAL ADISUTJIPTO YOGYAKARTA. Tugas Akhir thesis, SEKOLAH TINGGI TEKNOLOGI KEDIRGANTARAAN YOGYAKARTA.

[img] Text (ABSTRAK)
151_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (89kB)
[img] Text (BAB I)
151_2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (244kB)
[img] Text (BAB II)
151_3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (291kB)
[img] Text (BAB III)
151_4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (170kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
151_5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (80kB)
Official URL: https://digilib.sttkd.ac.id

Abstract | Intisari

Semakin meningkatnya pengguna jasa transportasi udara memicu terjadinya persaingan antar perusahaan penerbangan. Hal ini seakan menuntut pada setiap perusahaan penerbangan untuk terus berorientasi pada kepuasaan pelanggan. Terutama dalam lingkungan terminal dibandara keberangkatan maupun tujuan. Dimana penumpang melakukan check-in sebelum keberangkatan untuk mendapatkan boarding pass dan barang bawaannya akan ditimbang dan diperiksa oleh petugas check-in counter demi kenyamanan dalam melakukan penerbangan. Dengan latar belakang masalah diatas maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses penanganan penumpang dan proses penanganan kelebihan bagasi (over baggage). Penilitian ini dilakukan di Bandar Udara Internasional Adi Sutjipto Yogyakarta di unit Check-in counter pada bulan Februari 2020. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dan data yang di gunakan dalam penelitian ini di dapatkan melalui wawancara dengan responden, melakukan observasi, dan studi pustaka. Kemudian dianalisis secara reduksi, menyajikan data, melakukan penarikan kesimpulan dan verifikasi dengan melihat kembali kesimpulan agar hasil yang diambil tidak menyimpang. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa proses penanganan penumpang dilakukan dengan memeriksa kelengkapan dokumen dari penumpang, tiket, yang diserahkan kepada petugas ketika melakukan check-in. Pada saat bagasi milik penumpang ditimbang mengalami kelebihan bagasi (over baggage), maka hal yang harus dilakukan penumpang membayar kelebihan tersebut sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan oleh maskapai.

Tipe Koleksi: Thesis (Tugas Akhir)
Subjek: Airport Service > Baggage Handling (Penanganan Bagasi)
Contributors:
ContributionPembimbingNIDNEmail
ContributorPradana, Febriansyah ignas0505029301UNSPECIFIED
Program Studi: D3 Manajemen Transportasi
Diposting Oleh: Asrul Sani
Tanggal Diposting: 25 Mar 2021 03:44
Terakhir diubah: 25 Mar 2021 03:44
URI: https://digilib.sttkd.ac.id/id/eprint/1393

Actions (login required)

View Item View Item