ANALISIS ELECTRICALLY ASSITED PROPULSION SYSTEM (EAPS) PADA PESAWAT TERBANG SIPIL AIRBUS A320 PADA MISI JARAK PENDEK

RAHMAT, IQRA (2020) ANALISIS ELECTRICALLY ASSITED PROPULSION SYSTEM (EAPS) PADA PESAWAT TERBANG SIPIL AIRBUS A320 PADA MISI JARAK PENDEK. Tugas Akhir thesis, SEKOLAH TINGGI TEKNOLOGI KEDIRGANTARAAN.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (122kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (396kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (425kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (330kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (129kB)
Official URL: https://digilib.sttkd.ac.id/cgi/users/home?screen=...

Abstract | Intisari

Sistem propulsi berbantuan listrik dapat menggabungkan manfaat dari sumber daya listrik dengan mesin turbofan konvensional. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh listrik bantu sistem pada kinerja mesin turbofan serta menganalisis hasil kinerja Electrically Assisted Propulsion System (EAPS) untuk pesawat kelas A320 pada misi jarak pendek. Pengumpulan data dibagi menjadi 3 (tiga) tahap dimulai dari menggali masalah menentukan performa pesawat hingga pengujian kinerja EAPS dengan menggunakan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi pustaka dan wawancara serta teknik analisa data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, di dapatkan bahwa kinerja pesawat Airbus A320 untuk penerbangan 1000 km dalam menganalisis EAPS adalah dengan mensimulasikan mesin turbofan CFM LEAP-1A dalam model GSP Õ menggunakan dua energi yang berbeda sumber (energi kimia dari bahan bakar dan energi listrik yang tersimpan di baterai). Arsitektur sistem kelistrikan dalam kinerja EAPS bisa berukuran kecil dan dirancang untuk kondisi cruise, serta pada beberapa kendala off-desain seperti take-off dan climb, dimana motor listrik terpasang untuk spool low pressure (LP) dari mesin turbofan untuk membantu engine selama kondisi off-desain. Kinerja EAPS dalam penerbangan di simulasikan pada saat terbang yaitu pada saat Taxi : sepenuhnya listrik, Take-off : bantuan sistem listrik (terkontrol dengan pemisahan daya lepas landas), Climb : bantuan sistem listrik (terkontrol dengan split power climb), cruise : hanya mesin turbofan, descent: turbofan mengisi ulang sistem listrik, dan Taxi: sepenuhnya listrik.

Tipe Koleksi: Thesis (Tugas Akhir)
Subjek: Airport
Contributors:
ContributionPembimbingNIDNEmail
ContributorSusanto, HeruUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Program Studi: D3 Aeronautika
Diposting Oleh: Nicholas Ard Kurniawan
Tanggal Diposting: 25 Mar 2021 03:48
Terakhir diubah: 25 Mar 2021 03:48
URI: https://digilib.sttkd.ac.id/id/eprint/1395

Actions (login required)

View Item View Item