ANALISA PENYEBAB AUTO SHUTDOWN PADA AUXILIARY POWER UNIT GTCP 85-129 PESAWAT BOEING 737-500

DAMANIK, JANFRIS (2020) ANALISA PENYEBAB AUTO SHUTDOWN PADA AUXILIARY POWER UNIT GTCP 85-129 PESAWAT BOEING 737-500. Tugas Akhir thesis, SEKOLAH TINGGI TEKNOLOGI KEDIRGANTARAAN.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (161kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (224kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (789kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (237kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (123kB)
Official URL: https://digilib.sttkd.ac.id/cgi/users/home?screen=...

Abstract | Intisari

APU (Auxiliary Power Unit) adalah salah satu jenis turbin kecil yang mempunyai banyak fungsi khususnya di pesawat besar sebagai sumber penghasil electrical power dan pneumatic pada saat di darat dan pada saat terbang. Selain itu APU juga berfungsi untuk starting engine. Permasalahan pada APU yang mengalami auto shutdown sering terjadi pada pengoperasian APU di pesawat. Auto shutdown adalah kondisi engine dimana fungsi pada engine tidak bekerja normal sehingga APU harus mematikan engine secara otomatis atau dengan sendirinya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penyebab terjadinya auto shutdown pada APU. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yaitu penelitian yang bertujuan untuk mengumpulkan informasi mengenai status gejala yang ada dengan sistematis dan apa adanya tentang suatu variabel, gejala, atau prosedur pada saat penelitian dilakukan, tidak dimaksudkan untuk menguji hipotesis tertentu. Penyebab terjadinya auto shutdown pada APU yaitu dikarenakan terjadinya low oil pressure yang disebabkan terjadinya kebocoran pada oil drive shaft seal. Dengan terjadinya auto shutdown akan berdampak dari suplai tenaga listrik dipesawat dan APU mengalami Automatic Shutdown, maka dari itu ada penanganan yang harus dilakukan ketika APU mengalami Automatic Shutdown akibat Low Oil Pressure, yaitu dengan cara melakukan inspeksi pada lubrication sistem terutama dibagian oil drive shaft seal. Dengan cara menambah oil dan melakukan penggantian terhadap komponen yang tersambung pada sistem pelumasan oil seal. Setelah melakukan proses inspeksi penyebab utama APU Automatic Shutdown maka harus dilakukan pengecekan langsung terhadap APU tentunya pada komponen Oil sistemnya yang menjadi perhatian utama.

Tipe Koleksi: Thesis (Tugas Akhir)
Subjek: Airport
Contributors:
ContributionPembimbingNIDNEmail
ContributorArdianto, HarisUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Program Studi: D3 Aeronautika
Diposting Oleh: Nicholas Ard Kurniawan
Tanggal Diposting: 25 Mar 2021 03:58
Terakhir diubah: 25 Mar 2021 03:58
URI: https://digilib.sttkd.ac.id/id/eprint/1398

Actions (login required)

View Item View Item