ANALISIS PENYEBAB TERJADINYA VIBRATION PADA ENGINE CFM 56-7B BOEING 737-900 ER DAN UPAYA PENANGGULANGANNYA

FERNANDO, ARI (2020) ANALISIS PENYEBAB TERJADINYA VIBRATION PADA ENGINE CFM 56-7B BOEING 737-900 ER DAN UPAYA PENANGGULANGANNYA. Tugas Akhir thesis, SEKOLAH TINGGI TEKNOLOGI KEDIRGANTARAAN.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (65kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (440kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (184kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (34kB)
Official URL: https://digilib.sttkd.ac.id

Abstract | Intisari

Pada pesawat Boeing 737-900ER terdapat sebuah kerusakan pada komponen bearing yang menyebabkan terjadinya vibration pada area fan major modul. Bearing merupakan salah satu bagian dari elemen engine yang memegang peranan cukup penting karena fungsi dari bantalannya yaitu untuk menumpu sebuah poros agar poros dapat berputar tanpa mengalami gesekan yang berlebihan. Pada Engine CFM56-7B ada 4 bagian penting, yaitu: Fan Major Module, Core Major Module, Low Pressure Turbine Major Module. Tujuan pada penelitian ini adalah untuk mengetahui Operasional EngineCFM, Penyebab Terjadinya vibration di area Fan major module pada engine CFM56-7B, Penanggulangan Terjadinya vibration Pada Pesawat Boeing 737-900 ER. Penelitian Tugas Akhir ini merupakan penelitian deskriptif dimana peneliti menjelaskan tentang penyebab terjadinya vibration Pada Engine Cfm 56-7b dan Upaya Penanggulangannya. Teknik pengumpulan data dalam melaksanakan Tugas Akhir ini meliputi observasi, wawancara. Hasil dari penelitian ini didapati bahwa apabila terjadi vibration di lakukan langkah - langkah untuk menghilangkan vibration yang tinggi tersebut dengan metode TrimBalance, Re-Mapping, dan Reject (bongkar) lalu di lakukan Re�Balance. Penyebab terjadinya vibration di area fan major module pada engine CFM 56-7B adalah disebabkan oleh abrasi pada salah satu spacer karena kurangnya lubrikasi dan terjadniya gesekan anatara fan blade dan spacer. Penanggulangan permasalahan terjadinya vibration di area fan major module engine CFM 56-7B yang disebabkan oleh abrasi pada spacer.

Tipe Koleksi: Thesis (Tugas Akhir)
Subjek: Aircraft Components > Engine/ Powerplan (Mesin Pesawat)
Contributors:
ContributionPembimbingNIDNEmail
ContributorArmelia Arissonia, Arfie0531038902UNSPECIFIED
Program Studi: D3 Aeronautika
Diposting Oleh: Akmal
Tanggal Diposting: 25 Mar 2021 04:24
Terakhir diubah: 25 Mar 2021 04:24
URI: https://digilib.sttkd.ac.id/id/eprint/1412

Actions (login required)

View Item View Item