ANALISA KEBOCORAN CAIRAN HYDRAULIC PADA SISTEM PENGEREMAN PESAWAT AIRBUS A320

KRISTIAWAN, BRAMANTYA SATRIA (2020) ANALISA KEBOCORAN CAIRAN HYDRAULIC PADA SISTEM PENGEREMAN PESAWAT AIRBUS A320. Tugas Akhir thesis, SEKOLAH TINGGI TEKNOLOGI KEDIRGANTARAAN.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (104kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (214kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (592kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (323kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (124kB)
Official URL: https://digilib.sttkd.ac.id

Abstract | Intisari

Tugas Akhir yang berjudul “Analisa Kebocoran Cairan Hydraulic pada Sistem Pengereman Pesawat Airbus A320” ini merupakan hasil penelitian tentang hydraulic system dan brake system pada Pesawat Airbus A320. Tugas Akhir ini memiliki rumusan masalah tentang apa fungsi hidraulik sistem pada sistem pengereman pesawat, penyebab kebocoran yang terjadi pada servovalve manifold, dan bagaimana cara mengatasi kebocoran cairan hidraulik pada sistem pengereman pesawat Airbus A320. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui fungsi Hydraulic System pada Main Landing Gear Brake System, penyebab kebocoran cairan Hydraulic pada Main Landing Gear Brake System, dan Troubleshooting kebocoran cairan Hydraulic pada Main Landing Gear Brake System. Penelitian ini menggunakan beberapa metode yaitu Studi Pustaka, Studi Lapangan / Observasi, dan Diskusi / Wawancara. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Data sekunder diperoleh dari sumbernya langsung melalui hasil wawancara kepada pembimbing di lapangan di PT JAS AERO ENGINEERING Yogyakarta, dan data sekunder diperoleh melalui studi maupun data dari perusahaan Antara lain ATA Chapter 29 (Hydraulic Power), ATA Chapter (Landing Gear), Service manual book, maupun dari Internet. Hydraulic System pada Brakes System adalah sistem pengereman pada pesawat dengan cara Braking and Steering Control Unit (BSCU) memberikan arus ke normal brakes selector valve, green hydraulic system mendapat tekanan dan Normal brakes dapat beroperasi. Kebocoran hydraulic pada normal brake servovalve manifold terjadi karena ditemukannya corrosion sehingga menyebabkan Low Press pada normal brake dan mengakibatkan proses pengereman secara tidak normal terjadi. Troubleshoot yang dilakukan jika terjadi kerusakan pada servovalve manifold adalah dilakukannya penggantian dengan komponen yang baru sesuai dengan prosedur pada TSM 32-42-00- 810-805-A (Replace normal brake servovalve assembly). Penggantian komponen yang sudah rusak dengan yang baru terdapat 2 (dua) hal yang harus dilakukan yaitu AMM remove 32-42-48-000-001-A dan AMM install 32-42-48-400-001-A.

Tipe Koleksi: Thesis (Tugas Akhir)
Subjek: Aircraft Components > Landing Gear (Roda Pesawat) > Brake
Contributors:
ContributionPembimbingNIDNEmail
ContributorNurcahyo, AgusUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Program Studi: D3 Aeronautika
Diposting Oleh: Akmal
Tanggal Diposting: 25 Mar 2021 04:33
Terakhir diubah: 10 Nov 2023 08:17
URI: https://digilib.sttkd.ac.id/id/eprint/1416

Actions (login required)

View Item View Item