ANALISIS PENGARUH SUDUT BLADE PROPELLER TERHADAP THRUST PESAWAT CESSNA GRAND CARAVAN 208B

AL ZAMZAMI, DIMAS MAULANA (2020) ANALISIS PENGARUH SUDUT BLADE PROPELLER TERHADAP THRUST PESAWAT CESSNA GRAND CARAVAN 208B. Tugas Akhir thesis, SEKOLAH TINGGI TEKNOLOGI KEDIRGANTARAAN.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (71kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (186kB)
[img] Text (BAB II A)
BAB II A.pdf
Restricted to Registered users only

Download (558kB)
[img] Text (BAB II B)
BAB II B.pdf

Download (572kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (250kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (69kB)
Official URL: https://digilib.sttkd.ac.id

Abstract | Intisari

Pesawat yang menggunakan engine turboprop gaya thrust dihasilkan oleh propeller yang digerakan oleh engine. Propeller mengubah tenaga engine menjadi kekuatan aerodinamis. Bagian dari gaya ke depan adalah kekuatan dorong dan bagian yang bertindak dalam bidang rotasi adalah torsi propeller. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh sudut blade propeller 88°, 15.6°, -14° terhadap thrust yang dihasilkan, penulis menggunakan sudut 88°, 15.6°, -14° untuk penelitian berdasarkan referensi dari Maintenance Training Manual Cessna Grand Caravan 208B revision 1.0 serta agar hasil dari penelitian terlihat perbedaan yang signifikan. Metode penelitian yang dipakai merupakan metode kuantitatif yang berupa angka, dengan menggunakan metode perhitungan rumus. langkah dalam penelitian ini yaitu menentukan nilai pitch dari masing�masing sudut dan dilanjutkan dengan pehitungan nilai gaya thrust untuk sudut 88°, 15.6°, -14°. untuk menentukan nilai gaya thrust dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan prinsip dari hukum Newton 2. Kesimpulan dari hal tersebut dapat disimpulkan bahwa sudut 88° nilainya 0 N yang menyebabkan pesawat tidak bergerak, sudut 15.6° nilainya 1.566,780 menyebabkan pesawat bergerak ke depan, dan sudut -14°nilainya −1.235,213 N menyebabkan pesawat bergerak ke belakang

Tipe Koleksi: Thesis (Tugas Akhir)
Subjek: Aircraft Components > Engine/ Powerplan (Mesin Pesawat) > Blade Propeller
Contributors:
ContributionPembimbingNIDNEmail
ContributorFajar, Wahyuni0518039002UNSPECIFIED
Program Studi: D3 Aeronautika
Diposting Oleh: Akmal
Tanggal Diposting: 25 Mar 2021 06:41
Terakhir diubah: 14 Nov 2023 06:24
URI: https://digilib.sttkd.ac.id/id/eprint/1429

Actions (login required)

View Item View Item