IFTITAH, NUR INAYAH (2020) IMPLEMENTASI KONSEP SMART AIRPORT TERHADAP PROSES PELAYANAN PENUMPANG (PASSENGER SERVICE) DI TERMINAL 3 BANDAR UDARA SOEKARNO-HATTA CENGKARENG. Tugas Akhir thesis, SEKOLAH TINGGI TEKNOLOGI KEDIRGANTARAAN YOGYAKARTA.
![]() |
Text (ABSTRAK)
164_1.pdf Restricted to Registered users only Download (117kB) |
![]() |
Text (BAB I)
164_2.pdf Restricted to Registered users only Download (326kB) |
![]() |
Text (BAB II)
164_3.pdf Restricted to Registered users only Download (656kB) |
![]() |
Text (BAB III)
164_4.pdf Restricted to Registered users only Download (387kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
164_5.pdf Restricted to Registered users only Download (167kB) |
Abstract | Intisari
Terminal 3 dijadikan sebagai tempat mengembangkan platform digital kebandarudaraan atau konsep smart airport sebelum diterapkan di Bandara lain. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui implementasi konsep smart airport pada aspek pelayanan penumpang di Terminal 3 Bandar Udara Soekarno-Hatta. Teknik pengambilan subjek penelitian atau informan yang digunakan adalah purposive sampling, dengan kriteria: 1) Informan yang bertugas di Terminal 3; 2) Informan pernah bertugas untuk memandu/ mengenalkan fasilitas smart airport; 3) Berusia 19 tahun keatas, karena usia tersebut dinilai sudah cukup mampu memberikan pendapat dan pernyataan yang tidak berubah-ubah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi serta teknik analisa data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Pada akhirnya, pemeriksaan keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Berdasarkan hasil penelitian, di dapatkan bahwa menurut informan telah banyak fasilitas yang disediakan sebagai implementasi dari konsep smart airport pada aspek pelayanan penumpang seperti Self check- in, auto gate/ Self Boarding Gate, Airport Digital lounge, Robot DiLo, Capsule Hotel, Full Body Scanner, Baggage Handling System, dan Airport Security System. Konsep smart airport ini memberikan banyak manfaat seperti meningkatkan pendapatan non-aeronautika serta memberikan kemudahan, kenyamanan, dan keamanan bagi penumpang, namun pengelola bandar udara juga menghadapi tantangan-tantangan dalam implementasi konsep ini seperti melindungi data dari ancaman cyber serta menghadirkan mitra bisnis agar bandar udara memiliki nilai lebih dalam memenuhi kebutuhan penumpang.
Tipe Koleksi: | Thesis (Tugas Akhir) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Subjek: | Airport > Counter Check-in | ||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Program Studi: | D3 Manajemen Transportasi | ||||||||
Diposting Oleh: | Asrul Sani | ||||||||
Tanggal Diposting: | 25 Mar 2021 06:46 | ||||||||
Terakhir diubah: | 25 Mar 2021 06:46 | ||||||||
URI: | https://digilib.sttkd.ac.id/id/eprint/1430 |
silahkan login terlebih dahulu untuk melihat text diatas, jika belum mempunyai akun anda dapat mendaftar akun digilib silahkan Klik disini
![]() |
View Item |