ANALISIS PENANGANAN PENUMPANG SAAT PROSES LANDING KETIKA TERJADI TROUBLE AVIOBRIDGE PADA MASKAPAI CITILINK INDONESIA DI BANDAR UDARA INTERNASIONAL JUANDA SURABAYA

Firizqi, Nur Latifa (2020) ANALISIS PENANGANAN PENUMPANG SAAT PROSES LANDING KETIKA TERJADI TROUBLE AVIOBRIDGE PADA MASKAPAI CITILINK INDONESIA DI BANDAR UDARA INTERNASIONAL JUANDA SURABAYA. Tugas Akhir thesis, SEKOLAH TINGGI TEKNOLOGI KEDIRGANTARAAN YOGYAKARTA.

[img] Text (ABSTRAK)
165_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (55kB)
[img] Text (BAB I)
165_2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (309kB)
[img] Text (BAB II)
165_3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (535kB)
[img] Text (BAB III)
165_4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (195kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
165_5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (79kB)
Official URL: https://digilib.sttkd.ac.id

Abstract | Intisari

Penanganan penumpang pada saat terjadi trouble aviobridge adalah masalah yang bisa kita temui di dunia penerbangan. Petugas dituntut untuk sigap dalam menangani berbagai masalah yang terjadi dan meminimalisir terjadinya delay karena trouble aviobridge. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui bagaimana petugas menangani penumpang Maskapai Citilink Indonesia pada saat landing dan bagaimana petugas menangani garbarata yang sedang mengalami trouble di Terminal 1 Bandar Udara Internasional Juanda Surabaya. Penelitian ini berlangsung selama 60 hari yaitu dimulai pada tanggal 6 Februari 2020 hingga 6 April 2020. Penelitian ini dilakukan di PT. Gapura Angkasa khususnya Maskapai Citilink Indonesia Terminal 1 Bandar Udara Internasional Juanda Surabaya. Data yang digunakan dalam penelitian ini didapat dari data primer yaitu data wawancara, dimana penulis melakukan wawancara langsung terhadap petugas pasasi atau petugas gate dan petugas AMC. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu menggunakan penelitian kualitatif sehingga pembahasan dilakukan dalam bentuk deskriptif. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penanganan penumpang dan penanganan garbarata dilakukan sesuai dengan SOP yaitu menyiapkan tangga sebagai ganti garbarata yang sedang trouble untuk penumpang serta penyediaan armada transportasi bus untuk mengangkut penumpang ke terminal kedatangan penumpang, serta memanggil bagian maintenance untuk menangani garbarata yang sedang trouble.

Tipe Koleksi: Thesis (Tugas Akhir)
Subjek: Airport > Garbarata/ Avio Bridge
Aviation Service > Passenger Safety
Contributors:
ContributionPembimbingNIDNEmail
ContributorAstutik, Septiyani Putri0517098702UNSPECIFIED
Program Studi: D3 Manajemen Transportasi
Diposting Oleh: Asrul Sani
Tanggal Diposting: 25 Mar 2021 06:52
Terakhir diubah: 13 Jan 2022 03:17
URI: https://digilib.sttkd.ac.id/id/eprint/1435

Actions (login required)

View Item View Item