KAJIAN ANALISIS AILERON TIDAK KEMBALI DENGAN NORMAL PADA PESAWAT BOEING 737-300 MY INDOAIRLINES PK-MYY

Fazrin, Elvianto (2020) KAJIAN ANALISIS AILERON TIDAK KEMBALI DENGAN NORMAL PADA PESAWAT BOEING 737-300 MY INDOAIRLINES PK-MYY. Tugas Akhir thesis, SEKOLAH TINGGI TEKNOLOGI KEDIRGANTARAAN.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (76kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (218kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (504kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (326kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (74kB)
Official URL: https://digilib.sttkd.ac.id

Abstract | Intisari

Pesawat terbang adalah alat transportasi udara yang digunakan untuk mengangkut penumpang dan barang dengan waktu yang efisien. Pengendalian pesawat udara pada saat terbang di kontrol dalam tiga sumbu, yaitu sumbu lateral, sumbu longitudinal, dan sumbu vertical, oleh bidang-bidang flight control surface. Bidang-bidang control ini memandu pesawat udara selama melakukan terbang mulai dari fase take off, climbing, cruising, descent, dan landing. Flight control surface dibagi dalam dua kelompok utama yaitu: primary flight control surface dan secondary control surface. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan menggnakan teknik analisis deskripsi yang mana akan dilakukan bahan analisa primer yang akan menghasilkan data-data yang berasal dari hasil observasi, wawancara, dan analisis skunder yang menghasilkan data-data yang akan menjadi sebuah acuan yang akan dijadikan sebagai bahan penyusunan tugas akhir. Pesawat Boeing 737-300 PK-MYY MYINDOAIRLINES terjadi masalah pada aileron kanan yang dirasakan oleh pilot dan dilihat secara visual karena pada saaat stick control diposisikan ke normal aileron tidak dapat kembali dengan normal. Setelah dilakukan pemeriksaan di hangar, penyebab terjadinya aileron tidak dapat kembali dengan normal karena adanya gangguan dari kabel yang telah putus sehingga dapat menghambat proses pergerakan pada aileron. Akibat tidak normalnya gerakan aileron sangat mengganggu terhadap operasional pesawat terutama saat pesawat akan belok. Cara yang dilakukan untuk menanggulangi masalah tersebut adalah dengan mengganti kabel yang putus.

Tipe Koleksi: Thesis (Tugas Akhir)
Subjek: Aircraft Components > Wing (sayap) > Aileron
Contributors:
ContributionPembimbingNIDNEmail
ContributorNurcahyo, Agus11082061608UNSPECIFIED
Program Studi: D3 Aeronautika
Diposting Oleh: Akmal
Tanggal Diposting: 25 Mar 2021 07:08
Terakhir diubah: 14 Nov 2023 01:43
URI: https://digilib.sttkd.ac.id/id/eprint/1441

Actions (login required)

View Item View Item