PITRIANI, PIPIT (2020) ANALISIS TERJADINYA FUEL FILTER CLOGGING PADA ENGINE CFM56-3 PESAWAT BOEING 737-300. Tugas Akhir thesis, SEKOLAH TINGGI TEKNOLOGI KEDIRGANTARAAN.
![]() |
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Restricted to Registered users only Download (47kB) |
![]() |
Text (BAB I)
BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (224kB) |
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (621kB) |
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (267kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (46kB) |
Abstract | Intisari
Pesawat merupakan transportasi yang banyak menjadi pilihan untuk bepergian , Keamanan dan keselamatan penumpang dan pesawat harus diutamakan, Tujuan penelitian tugas akhir ini bertujuan untuk mengetahui cara kerja dari fuel filter, Mengetahui faktor-faktor penyebab fuel filter clogging, Mengetahui troubleshooting fuel filter pada engine CFM56-3 pesawat Boeing 737-300. Penelitian ini merupakan penelitian jenis deskriptif, dimana penulis menjelaskan tentang fuel filter pada engine secara menyeluruh. Analisis data yang digunakan yaitu analisis kualitatif yang hanya menggambarkan dalam penulisannya sehingga tidak menggunakan angka ataupun perhitungan. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi observasi terhadap komponen fuel filter, Wawancara dan studi pustaka dengan mengumpulkan sumber-sumber data dari buku atau referensi lain seperti website maupun maintenance manual, training manual, serta modul sistem dasar pesawat terbang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa fuel filter berfungsi untuk menyaring partikel dan kontaminasi yang tercampur dalam fuel untuk mencegah clogging. Adapun prosedur troubleshooting fuel filter pada fuel adalah membuka left hand fan cowl engine, engine fire shutoff valve ditarik untuk menutup fuel agar tidak keluar terus dari tank, Membuka drain plug fuel filter dibawahnya disimpan fuel container untuk menjaga sisa-sisa fuel dari filter housing, Sisa-sisa fuel habis, dan drain plug o-ring dipasang yang baru kemudian ditorsi antara 45-50 inch/lbs, Mengembalikan posisi fire shutoff valve ke normal dan lakukan wet motoring untuk menyakinkan tidak ada kebocoran. Apabila terjadi kerusakan pada fuel filter cara inspeksinya adalah dengan melakukan pengecekan dengan cara audible test dan visual check, kemudian melakukan maintenance, apabila fuel filter tidak dapat diperbaiki harus diganti dengan yang baru.
Tipe Koleksi: | Thesis (Tugas Akhir) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Subjek: | Aircraft Maintenance > Troubleshooting | ||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Program Studi: | D3 Aeronautika | ||||||||
Diposting Oleh: | Nicholas Ard Kurniawan | ||||||||
Tanggal Diposting: | 25 Mar 2021 07:35 | ||||||||
Terakhir diubah: | 14 Nov 2023 06:41 | ||||||||
URI: | https://digilib.sttkd.ac.id/id/eprint/1456 |
silahkan login terlebih dahulu untuk melihat text diatas, jika belum mempunyai akun anda dapat mendaftar akun digilib silahkan Klik disini
![]() |
View Item |