RAHMAT PRATAMA, GANANG (2020) EFEK NITROGEN GENERATION SYSTEM (NGS) PADA FUEL TANK PESAWAT BOEING 737-800 NEXT GENERATION. Tugas Akhir thesis, SEKOLAH TINGGI TEKNOLOGI KEDIRGANTARAAN.
![]() |
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Restricted to Registered users only Download (167kB) |
![]() |
Text (BAB I)
BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (286kB) |
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (533kB) |
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (345kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (136kB) |
Abstract | Intisari
Berkaca dari beberapa kecelaakaan pesawat terbang yang mengalami ledakan pada fuel tank seperti contoh kejadian (2 maret 2001), Thai Airways dengan pesawat B747-400 mengalami ledakan pada fuel tank pada saat boarding. Resiko kecelakaan yang disebabkan oleh ledakan pada fuel tank sangatlah tinggi. Jadi untuk mengurangi resiko tersebut dipasanglah sebuah sistem Nitrogen Generation. Sistem ini mengandalkan gas Nitrogen (N2) untuk menetralkan gas Oksigen (O2) di dalam fuel tank dan berguna untuk mempertahankan kondisi fuel tank agar tetap safety. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara kerja, fungsi, pengaruh Nitrogen Generation System pada fuel tank dan perbandingan Nitrogen Enriched Air (NEA) dan Oksigen Enriched Air (OEA). Metode pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi pengumpulan beberapa data yang diperoleh dari internet, literatur dan jurnal yang bersangkutan dengan judul tugas akhir peneliti. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini juga dengan melakukan wawancara kepada engineer yang ahli dibidangnya. Nitrogen Generation System berfungsi mengurangi kadar oksigen di dalam fuel tank sampai kurang lebih (12%), lebih rendah dari kadar oksigen normal didalam udara yakni (21%). Penelitian menunjukan bahwa kadar oksigen di dalam udara kurang lebih (12%) maka pembakaran atau explosion tidak akan terjadi. Pengaruh Nitrogen Generation System (NGS) inoperation akan berdampak pada keselamatan penerbangan tersebut, dengan tidak adanya suplai gas nitrogen didalam center fuel tank resiko terjadinya ledakan pada fuel tank akan lebih besar. Besar kecilnya perbandingan Nitrogen Enriched Air (NEA) dan Oksigen Enriched Air (OEA) tergantung dari flow rate dan pressure yang melewati Air Separation Module (ASM).
Tipe Koleksi: | Thesis (Tugas Akhir) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Subjek: | Aircraft System > Fuel System | ||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Program Studi: | D3 Aeronautika | ||||||||
Diposting Oleh: | Akmal | ||||||||
Tanggal Diposting: | 25 Mar 2021 07:52 | ||||||||
Terakhir diubah: | 12 Jan 2022 03:49 | ||||||||
URI: | https://digilib.sttkd.ac.id/id/eprint/1467 |
silahkan login terlebih dahulu untuk melihat text diatas, jika belum mempunyai akun anda dapat mendaftar akun digilib silahkan Klik disini
![]() |
View Item |