SYSTEM DE ICING BOOT PEMECAH TERJADINYA FORMASI ES DIPERMUKAAN AIR INTAKE ENGINE PW 127M PADA PESAWAT ATR 72-600

Febrianto, Sawal (2020) SYSTEM DE ICING BOOT PEMECAH TERJADINYA FORMASI ES DIPERMUKAAN AIR INTAKE ENGINE PW 127M PADA PESAWAT ATR 72-600. Tugas Akhir thesis, SEKOLAH TINGGI TEKNOLOGI KEDIRGANTARAAN.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (34kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (194kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (450kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (169kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (119kB)
Official URL: https://digilib.sttkd.ac.id/cgi/users/home?screen=...

Abstract | Intisari

Pesawat terbang merupakan alat transportasi universal yang dapat membawa barang dan manusia ke tempat manapun melalui jalur udara. Engine pada pesawat terbang diperlukan untuk mendorong pesawat pada tujuan yang diinginkan. Salah satu yang termasuk komponen yang berperan penting untuk kelancaran penerbangan adalah De Icing Boot pada air intake yang berguna untuk memecahkan formasi es yang terbentuk pada air intake saat pesawat terbang. De icing boot beroperasi menggunakan sistem peneumatic yang berasal dari bleed air. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, di mana penulis menjelaskan tentang system de icing boot secara rinci dan menyeluruh. Analisis data yang digunakan yaitu analisis kualitatif yang hanya menggambarkan dalam penulisannya sehingga tidak menggunakan angka ataupun perhitungan. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi observasi terhadap de icing boot pada pesawat ATR 72-600, wawancara, dan studi pustaka dengan mengumpulkan sumber-sumber data dari AMM atau referensi lain. Formasi es merupakan permasalahan pada yang terjadi ketika pesawat terbang tinggi. Pada ATR 72-600, penurunan suhu yang terjadi akan semakin besar pada ketinggian 25.000 kaki di atas permukaan laut, bahkan suhunya bisa mencapai -40oC. Hal ini dapat mengakibbatkan terjadinya pembentukan es. Selain itu, faktor cuaca buruk seperti salju juga penyebab terjadinya es permukaan pesawat ATR 72-600 seperti wing dan stabilizer. Oleh karena itu, untuk mencegah terjadinya icing khususnya pada bagian air intake di lakukan dengan penyaluran udara ke boot untuk memecahkan es yang menempel pada bagian air intake, sehingga performance dari bagian tersebut tetap stabil dan terhindar dari es.

Tipe Koleksi: Thesis (Tugas Akhir)
Subjek: Aircraft System > Icing System > De Icing
Contributors:
ContributionPembimbingNIDNEmail
ContributorUtami C. S., SST., M.Eng.), (Noviana1105201507UNSPECIFIED
Program Studi: D3 Aeronautika
Diposting Oleh: Nicholas Ard Kurniawan
Tanggal Diposting: 25 Mar 2021 08:17
Terakhir diubah: 15 Nov 2023 02:13
URI: https://digilib.sttkd.ac.id/id/eprint/1476

Actions (login required)

View Item View Item