ANALISIS KEGAGALAN COMPRESSION COMPRESSOR STALL ENGINE CFM-56-5B DENGAN SIMULASI MENGGUNAKAN BAJA

FITRIANA, WIDI (2020) ANALISIS KEGAGALAN COMPRESSION COMPRESSOR STALL ENGINE CFM-56-5B DENGAN SIMULASI MENGGUNAKAN BAJA. Tugas Akhir thesis, SEKOLAH TINGGI TEKNOLOGI KEDIRGANTARAAN.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (79kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (184kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (524kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (405kB)
[img] Text (DAFTARPUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (81kB)
Official URL: https://digilib.sttkd.ac.id/cgi/users/home?screen=...

Abstract | Intisari

Terdapat keistimewaan dari engine turbo fan yaitu adanya teknologi tambahan yang disebut dengan baypass. Bayypas ini berpungsi untuk menghasilkan gaya dorong yang lebih besar dari udara yang dihasilkan oleh pembakaran. Selain dari teknologi bypass terdapat salah satu komponen yang sanggat penting terhadap engine pesawat dalam pendistributian aliran udara yakni Compressor. Oleh karena itu dibutuhkan perhatian lebih dalam hal perawatan compressor, salah satunya adalah DVI (detail visual invection). Tujuan Penelitian Mengetahui analisis pengaruh terhadap strees sekitar fan bleed ketika terjadi compressor stall, dan mengetahui pemeriksaan blade menggunakan boroscope, serta dampak yang ditimbulkan pada pesawat ketika N1 80 %. Penelitian ini bersifat kuantitatif yaitu menggunakan beberapa data yang diperoleh langsung dari hasil penelitian di politeknik manufacture ceper, berupa hasil pengujian seperti data kriterian dan hasil uji diagram serta data yang diambil dari Aircraft maintenance manual, dan jurnal untuk diolah dalam proses pengujian simulasi menggunakan baja Apabila terjadi kegagalan compression compressor stall yang di akibatkan oleh aliran udara yang tidak sesuai dengan kapasitas ruang compressor, terjadi perubahan panjang blade compressor sebesar 31.13 % hal ini dipengaruhi oleh stress tensile antara blade compressor dengan shaft. Maka dari itu dibutuhkan pemeriksaan blade menggunakan borescope sangat perlu dilakukan untuk mengetahui kondisi blade pada ruang compressor. Agar permasalahan tidak mengalami dampak yang lebil fatal dan serius dalam menjaga kondisi compressor tetap bekerja secara normal.

Tipe Koleksi: Thesis (Tugas Akhir)
Subjek: Aircraft Components > Engine/ Powerplan (Mesin Pesawat) > Compressor
Contributors:
ContributionPembimbingNIDNEmail
ContributorFajar A.S.Pd, M.Pd), (Wahyuni0518039002UNSPECIFIED
Program Studi: D3 Aeronautika
Diposting Oleh: Nicholas Ard Kurniawan
Tanggal Diposting: 25 Mar 2021 08:36
Terakhir diubah: 13 Nov 2023 06:17
URI: https://digilib.sttkd.ac.id/id/eprint/1479

Actions (login required)

View Item View Item