ANALISIS UJI KEKERASAN DAN UJI X-RAY DIFFRACTION (XRD) PADA DISK BRAKE PESAWAT CESSNA 208B CARAVAN

KAUSARI, WINDA (2020) ANALISIS UJI KEKERASAN DAN UJI X-RAY DIFFRACTION (XRD) PADA DISK BRAKE PESAWAT CESSNA 208B CARAVAN. Tugas Akhir thesis, SEKOLAH TINGGI TEKNOLOGI KEDIRGANTARAAN.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (80kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (205kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (506kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (499kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (123kB)
Official URL: https://digilib.sttkd.ac.id/cgi/users/home?screen=...

Abstract | Intisari

Penelitian ini membahas tentang analisis uji kekerasan dan uji X-Ray Diffraction (XRD) Pada Disk Brake Pesawat Cessna 208b Caravan. Penelitian ini bertujuan untuk megetahui harga kekerasan, pola diffraksi serta mengetahui korelasi hasil dari kedua pengujian tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif yang merupakan penggunaan data-data yang diperoleh dari hasil pengujian.. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Dalam hal ini peneliti memperoleh data yang dikumpulkan dan diolah sendiri oleh peneliti yang diperoleh dari sumbernya secara langsung dari hasil melakukan pengujian material, maupun melalui pengetahuan bahan teknik, studi data dari jurnal yang berkaitan. Hasil penelitian pengujian kekerasan Vickers memiliki nilai kekerasan tertinggi 296,86 VHN, kekerasan terendah 293,44 VHN, kekerasan rata-rata 295,58 VHN. Hasil dari pengujian XRD memiliki puncak tertinggi berada pada sudut 52.1511º 2Th. Hal tersebut membuktikan bahwa material untuk system pengereman pada pesawat haruslah memiliki tingkat kekerasan yang cukup tinggi yaitu untuk pesawat Cessna 208b Caravan memiliki kisaran batas 295,58 VHN dan merupakan material Kristal dan memiliki system Kristal hal tersebut dibuktikan dengan adanya peak yang cukup tinggi yang berada pada sudut 52.1511º.

Tipe Koleksi: Thesis (Tugas Akhir)
Subjek: Aircraft Components > Landing Gear (Roda Pesawat) > Brake
Contributors:
ContributionPembimbingNIDNEmail
ContributorSuroso, S.T., M.T.), (Indreswari0501017901UNSPECIFIED
Program Studi: D3 Aeronautika
Diposting Oleh: Nicholas Ard Kurniawan
Tanggal Diposting: 25 Mar 2021 08:41
Terakhir diubah: 14 Nov 2023 02:17
URI: https://digilib.sttkd.ac.id/id/eprint/1480

Actions (login required)

View Item View Item