APRILYAN SUTISNA, SRI NIMAS NENG (2020) ANALISIS KINERJA PETUGAS PEMBUATAN TANDA IJIN MASUK BANDAR UDARA (PAS/STICKER) PADA PT (PERSERO) ANGKASA PURA II BANDAR UDARA INTERNASIONAL KERTAJATI. Tugas Akhir thesis, SEKOLAH TINGGI TEKNOLOGI KEDIRGANTARAAN YOGYAKARTA.
![]() |
Text (ABSTRAK)
200_1.pdf Restricted to Registered users only Download (68kB) |
![]() |
Text (BAB I)
200_2.pdf Restricted to Registered users only Download (204kB) |
![]() |
Text (BAB II)
200_3.pdf Restricted to Registered users only Download (344kB) |
![]() |
Text (BAB III)
200_4.pdf Restricted to Registered users only Download (289kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
200_5.pdf Restricted to Registered users only Download (35kB) |
Abstract | Intisari
Pass bandara merupakan tanda ijin masuk yang dimiliki kendaraan atau perorangan dalam memasuki area bandara, dengan tujuan adanya kepentingan tertentu. Program Pengamanan Bandar Udara bertujuan untuk menjaga keamanan, keselamatan, keteraturan, dan efisiensi penerbangan sipil di Indonesia dengan memberikan perlindungan dan penjagaan terhadap penumpang, awak pesawat, petugas di darat, dan masyarakat serta instalasi vital di daerah lingkungan kerja Bandar Udara Internasional Kertajati dari ancaman gangguan melawan hukum serta memberikan perlindungan terhadap operator pesawat udara dari tindakan melawan hukum. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja petugas pembuatan tanda ijin masuk bandar udara di Bandara Udara Internasional Kertajati. Penelitian ini di laksanakan di Bandar Udara Internasional Kertajati Majalengka, di Airport Service unit pembuatan tanda ijin masuk bandara. Aktivitas penelitian ini dilakukan pada periode Februari-Maret 2020. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif dengan lokasi penelitian di Bandar Udara Internasional Kertajati. Penelitian ini juga menggunakan teknik analisis data kualitatif serta menggunakan data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan kinerja petugas pembuatan tanda ijin masuk bandar udara sudah sesuai Standard Operation Procedure (SOP). Mengacu pada keputusan menteri perhubungan nomor 9 Tahun 2010 tentang program keamanan penerbangan nasional yang mengatur pada setiap bandar udara ditetapkan daerah terbatas untuk kepentingan keamanan penerbangan, penyelengaraan bandar udara dan kepentingan lain. Daerah terbatas di bandar udara dilindungi dan dikendalikan dengan mekanisnme sistem perizinan yang telah ditetapkan. Sudah disahkan Standard Operation Procedure (SOP) Penerbitan dan Penggunaan PAS Bandar Udara Internasioanl Kertajati Mei 2018.
Tipe Koleksi: | Thesis (Tugas Akhir) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Subjek: | Flight and Airport Management > Human Resources | ||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Program Studi: | D3 Manajemen Transportasi | ||||||||
Diposting Oleh: | Asrul Sani | ||||||||
Tanggal Diposting: | 26 Mar 2021 07:04 | ||||||||
Terakhir diubah: | 26 Mar 2021 07:04 | ||||||||
URI: | https://digilib.sttkd.ac.id/id/eprint/1511 |
silahkan login terlebih dahulu untuk melihat text diatas, jika belum mempunyai akun anda dapat mendaftar akun digilib silahkan Klik disini
![]() |
View Item |