Tamamudin, Tamamudin (2020) ANALISIS PERAN PETUGAS RAMP HANDLING TERHADAP KELANCARAN PENERBANGAN BERDASARKAN STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR (SOP) PADA MASKPAI LION AIR DIBANDAR UDARA INTERNASIONAL KERTAJATI. Tugas Akhir thesis, SEKOLAH TINGGI TEKNOLOGI KEDIRGANTARAAN YOGYAKARTA.
![]() |
Text (ABSTRAK)
206_1.pdf Restricted to Registered users only Download (80kB) |
![]() |
Text (BAB I)
206_2.pdf Restricted to Registered users only Download (270kB) |
![]() |
Text (BAB II)
206_3.pdf Restricted to Registered users only Download (269kB) |
![]() |
Text (BAB III)
206_4.pdf Restricted to Registered users only Download (248kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
206_5.pdf Restricted to Registered users only Download (50kB) |
Abstract | Intisari
Unit Ramp handling mempunyai peran yang sangat penting dalam memberikan pelayanan kepada setiap perusahaan yang bergerak di bidang kebendarudaraan dan kepada pengguna jasa transportasi udara. Dalam memberikan pelayanan tersebut petugas Ramp Handling harus menjalankan tugasnya sesuai dengan Standar Operasional Prosedur yang sudah ditetapkan sehingga akan memberikan keamanan dan kenyamanan bagi para pengguna jasa kebandar udaraan serta kelancaran dalam penerbangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah petugas Ramp Handling sudah sesuai dengan SOP atau belum, kendala apa saja yang dialami oleh petugas, serta tindakan apa yang di ambil oleh pimpinan apabila ada petugas yang melakukan pelanggaran tidak sesuai dengan SOP. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder. Data primer di peroleh dari wawancara supervisor serta Group Leader Ramp Handling serta pengamatan terhadap petugas ramp Handling. Data sekunder di peroleh dari perusahaan yang berupa data standar operasional prosedur (SOP). Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan standar operasional prosedur (SOP) oleh petugas Ramp Hndling di Bandar Udara internasional Kertajati sebagian kecil petugas masih belum sesuai dengan SOP yang berlaku, kendala yang dialami oleh petugas Ramp Handling masih sering terjadinya diskomunikasi serta tindakan yang di ambil oleh pimpinan terhadap petugas yang melakukan pelanggaran yaitu dengan meberikan teguran secara langsung maupun memberikan surat peringatan atau SP.
Tipe Koleksi: | Thesis (Tugas Akhir) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Subjek: | Airport Service > Ramp Handling | ||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Program Studi: | D3 Manajemen Transportasi | ||||||||
Diposting Oleh: | Asrul Sani | ||||||||
Tanggal Diposting: | 29 Mar 2021 02:09 | ||||||||
Terakhir diubah: | 29 Mar 2021 02:09 | ||||||||
URI: | https://digilib.sttkd.ac.id/id/eprint/1518 |
silahkan login terlebih dahulu untuk melihat text diatas, jika belum mempunyai akun anda dapat mendaftar akun digilib silahkan Klik disini
![]() |
View Item |