PENANGANAN PENGIRIMAN KARGO PADA PT. GARUDA INDONESIA (PERSERO), TBK. BRANCH OFFICE SOLO

Purwaningsih, Uni Gadis (2020) PENANGANAN PENGIRIMAN KARGO PADA PT. GARUDA INDONESIA (PERSERO), TBK. BRANCH OFFICE SOLO. Tugas Akhir thesis, SEKOLAH TINGGI TEKNOLOGI KEDIRGANTARAAN YOGYAKARTA.

[img] Text (ABSTRAK)
213_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (82kB)
[img] Text (BAB I)
213_2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (257kB)
[img] Text (BAB II)
213_3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (669kB)
[img] Text (BAB III)
213_4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (216kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
213_5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (50kB)
Official URL: https://digilib.sttkd.ac.id

Abstract | Intisari

Kargo Udara adalah semua barang siap dikirim yang diangkut dari satu tempat ke tempat lainnya dengan pesawat dan menggunakan dokumen pelindung, yaitu Surat Muatan Udara (SMU) untuk domestik dan Air Way Bill (AWB) untuk internasional. PT. Garuda Indonesia merupakan perusahaan jasa penerbangan yang tidak hanya melayani pembelian tiket pesawat udara tetapi juga melayani jasa pengiriman barang/kargo ke seluruh wilayah Indonesia. PT Garuda Indonesia memiliki Cargo Service Center (CSC) yang merupakan layanan Garuda Cargo yang berfungsi sebagai sarana promosi sekaligus pusat layanan kargo. Penelitian ini menganalisa penanganan pengiriman kargo menggunakan desain penelitian kualitatif dengan metode deskriptif dimana data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder dengan cara melakukan observasi langsung, wawancara petugas kargo dan pengumpulan data dari dokumen-dokumen yang berkaitan dengan penanganan kargo yang di dapat langsung dari PT. Garuda Indonesia Branch Office Solo. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, proses penanganan pengiriman kargo melalui CSC meliputi: Melakukan reservasi, Pengecekan barang, Timbang barang, Shipper mengisi form Pemberitahuan Tentang Isi (PTI), Petugas menginput data, Melengkapi dokumen yang dibutuhkan dan ditandatangani, Shipper melakukan pembayaran, Packing dan ditempel label yang jelas, Kemudian diangkut untuk dikirim ke airport. Kendala yang ada di CSC Solo meliputi kendala eksternal seperti erupsi gunung merapi dan yang saat ini sedang terjadi yaitu virus covid-19.

Tipe Koleksi: Thesis (Tugas Akhir)
Subjek: Airport Service > Cargo
Contributors:
ContributionPembimbingNIDNEmail
ContributorGinusti, Gallis nawang0507039101UNSPECIFIED
Program Studi: D3 Manajemen Transportasi
Diposting Oleh: Asrul Sani
Tanggal Diposting: 29 Mar 2021 02:39
Terakhir diubah: 29 Mar 2021 02:39
URI: https://digilib.sttkd.ac.id/id/eprint/1526

Actions (login required)

View Item View Item