ANALISIS SISTEM SELF CHECK-IN TERHADAP KINERJA PETUGAS CHECK-IN COUNTER PADA MASKAPAI CITILINK DI BANDAR UDARA HALIM PERDANAKUSUMA

Milatussani, Yuli (2020) ANALISIS SISTEM SELF CHECK-IN TERHADAP KINERJA PETUGAS CHECK-IN COUNTER PADA MASKAPAI CITILINK DI BANDAR UDARA HALIM PERDANAKUSUMA. Tugas Akhir thesis, SEKOLAH TINGGI TEKNOLOGI KEDIRGANTARAAN YOGYAKARTA.

[img] Text (ABSTRAK)
224_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (80kB)
[img] Text (BAB I)
224_2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (214kB)
[img] Text (BAB II)
224_3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (372kB)
[img] Text (BAB III)
224_4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (263kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
224_5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (77kB)
Official URL: https://digilib.sttkd.ac.id

Abstract | Intisari

Indonesia sebagai negara kepulauan dan pertumbuhan yang terus berkembang pesat, segala sesuatu harus dilakukan dengan cepat dan tepat. Salah satunya perkembangan di dunia transportasi khuhusnya di penerbangan dan ada di Bandara Halim Perdana Kusuma. Jenis sistem check-in lainnya yang sedang ramai dibicarakan yaitu sistem self check-in. Sistem self check-in adalah suatu fasilitas mandiri yang berfungsi untuk menyelesaikan berbagai prosedur dan persyaratan keamanan dan pelayanan yang menggunakan suatu mesin dan bukan termasuk baggage drop. Tujuan penelitian ini untuk mengkaji : 1) perbedaan self check-in dan check-in counter, 2) pandangan petugas check-in tentang pengaruh adanya sistem self check-in, 3) strategi yang digunakan oleh maskapai Citilink. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan wawancara mendalam, observasi dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan dampak positif dan negatif bagi kinerja petugas check-in yaitu dampak positifnya antara lain mengurangi antrian di counter check-in, mempermudah kerja petugas check-in. sedangkan dampak negatifnya yaitu para petugas mengkhawatirkan adanya pengurangan pegawai untuk alasan mengurangi biaya operasional.

Tipe Koleksi: Thesis (Tugas Akhir)
Subjek: Airport Service > Check-in
Contributors:
ContributionPembimbingNIDNEmail
ContributorMoerdopo, endang0305046807UNSPECIFIED
Program Studi: D3 Manajemen Transportasi
Diposting Oleh: Asrul Sani
Tanggal Diposting: 29 Mar 2021 06:23
Terakhir diubah: 29 Mar 2021 06:23
URI: https://digilib.sttkd.ac.id/id/eprint/1562

Actions (login required)

View Item View Item