JIHAN AMELIA, NABILLA (2017) PERHITUNGAN WEIGHT AND BALANCE PADA PESAWAT BOEING 737-500 RUTE YOGYAKARTA-PALEMBANG DI BANDAR UDARA INTERNASIONAL ADITSUTJIPTO. Tugas Akhir thesis, SEKOLAH TINGGI TEKNOLOGI KEDIRGANTARAAN.
![]() |
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Restricted to Registered users only Download (35kB) |
![]() |
Text (BAB I)
BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (197kB) |
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (320kB) |
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (135kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (55kB) |
Abstract | Intisari
Weight And Balance merupakan distribusi semua berat yang dibawa pesawat baik berupa penumpang, bagasi, cargo, dan mail agar pesawat dalam kondisi balance yang mengacu pada keamanan, keselamatan, kenyamanan dan efisiensi penerbangan (International Air Transport Association (IATA) Airport Hadling Manual No.810 Annex A:1998). Manfaat dari perhitungan weight and balance yang baik, maka penerbangan akan aman, nyaman dan selamat sampai tujuan. Begitu juga sebaliknya, jika perhitungan weight and balance tidak benar, maka penerbangan akan tidak aman, nyaman, dan keselamatan terancam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tatacara dan langkah-langkah perhitungan weight and balance pada pesawat boeing 737-500 maskapai NAM Air rute Yogyakarta�Palembang di Bandar udara Internasional Aditsutjipto. Penelitian ini dilaksanakan di PT NAM Air di Bandar udara Internasional Aditsutjipto Yogyakarta selama dua bulan terhitung dari tanggal 25 Februari sampai dengan 30 April 2017. Penelitian ini menggunakan data primer dan sekunder. Data primer diambil dari hasil wawancara langsung dengan flight operation officer (FOO) NAM Air. Sedangkan data sekunder diambil dari arsip unit FLOP (Flight Operation) PT NAM Air di Bandar udara Internasional Aditsutjipto Yogyakarta. Berdasarkan penelitian ini diketahui bahwa perusahaan NAM Air sepakat menggunakan perhitungan weight and balance secara manual dan tidak menggunakan sistem software. Langkah-langkah perhitungan manual tersebut terdiri dari perhitungan fuel, index calculation, dan weight distribution.
Tipe Koleksi: | Thesis (Tugas Akhir) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Subjek: | Airport Service > Weight and Balance | ||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Program Studi: | D3 Manajemen Transportasi | ||||||||
Diposting Oleh: | Akmal | ||||||||
Tanggal Diposting: | 29 Mar 2021 06:42 | ||||||||
Terakhir diubah: | 13 Jan 2022 03:23 | ||||||||
URI: | https://digilib.sttkd.ac.id/id/eprint/1572 |
silahkan login terlebih dahulu untuk melihat text diatas, jika belum mempunyai akun anda dapat mendaftar akun digilib silahkan Klik disini
![]() |
View Item |