ANALISIS LANGKAH PREVENTIF DAN MITIGASI TERHADAP RESIKO PENERBANGAN DI BANDAR UDARA SULTAN MUHAMMAD SALAHUDDIN BIMA DENGAN METODE HAZARD I

ROSAMI, ANISTYA (2021) ANALISIS LANGKAH PREVENTIF DAN MITIGASI TERHADAP RESIKO PENERBANGAN DI BANDAR UDARA SULTAN MUHAMMAD SALAHUDDIN BIMA DENGAN METODE HAZARD I. Skripsi thesis, STTKD Sekolah Tinggi Teknologi kedirgantaraan.

[img] Text (INTISARI)
ABSTRAK SKRIPSI - ANISTYA ROSAMI_1.pdf

Download (121kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I SKRIPSI - ANISTYA ROSAMI_2.pdf

Download (296kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II SKRIPSI - ANISTYA ROSAMI_3.pdf

Download (906kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III SKRIPSI - ANISTYA ROSAMI_4.pdf

Download (368kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA SKRIPSI - ANISTYA ROSAMI_5.pdf

Download (151kB)
Official URL: https://sttkd.ac.id

Abstract | Intisari

ANALISIS LANGKAH PREVENTIF DAN MITIGASI TERHADAP RESIKO PENERBANGAN DI BANDAR UDARA SULTAN MUHAMMAD SALAHUDDIN BIMA DENGAN METODE HAZARD IDENTIFICATION AND RISK ASSESSMENT (HIRA) Pembimbing : Septiyani Putri Astutik, S.E., M.Si Penulis : Anistya Rosami INTISARI Bandara Sultan Muhammad Salahuddin Bima memiliki kapasitas dan kondisi yang tergolong sebagai bandara kelas II dan runway kelas 3C yaitu dengan panjang runway 1.650 m. Dengan kelas tersebut maka bandara SMS harus memiliki analisis resiko sebagai standar keselamatan dan keamanan yang tepat dalam melakukan penerbangan di bandara SMS serta mengacu pada peraturan nasional dan internasional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian tingkat keselamatan Bandara Sultan Muhammad Salahuddin Bima dengan metode Hazard Identification and Risk Assessment (HIRA) untuk mengetahui langkah apa yang harus diambil oleh bandara jika terjadi ketidak sesuaian dan/atau suatu kejadian yang terjadi di aerodrome yang dapat dikategorikan sebagai Hazard. Penelitian ini menggunakan metode campuran (mix methods) dengan teknik deskriptif, penelitian ini mengambil data dari Notice Of Airport Capacity (NAC), observasi secara langsung, dan hasil wawancara yang dilakukan bersama crew Air Traffic Controller (ATC) dan Kasi Teknik, Operasional, Keamanan, dan Pelayanan Darurat UBPU SMS Bima. Penelitian ini dilakukan di bandara Sultan Muhammad Salahuddin Bima selama bulan Agustus 2020. Dari hasil penelitian dan table HIRA yang dibuat peneliti, didapatkan bahwa Bandara Sultan Muhammad Salahuddin Bima merupakan bandara yang tergolong aman sesuai dengan peraturan dari ICAO yaitu Annex 14 tentang aerodrome serta (NAC). Langkah preventif dan mitigasi yang dilakukan jika terjadi ketidaksesuaian maka akan dilakukan sosialisasi, pembekalan teori, training hingga patrol secara berkala oleh pihak bandara. Kata kunci : Preventif, Mitigasi, Resiko Penerbangan, Notice Of Airport Capacity (NAC), Hazard Identification and Risk Assessment (HIRA).

Tipe Koleksi: Thesis (Skripsi)
Subjek: Flight and Airport Management > Safety Management System
Contributors:
ContributionPembimbingNIDNEmail
ContributorAstutik, Septiyani Putri0517098702UNSPECIFIED
Program Studi: D4 Manajemen Transportasi Udara
Diposting Oleh: Ady Ady
Tanggal Diposting: 18 Oct 2021 07:08
Terakhir diubah: 13 Jan 2022 03:30
URI: https://digilib.sttkd.ac.id/id/eprint/1720

Actions (login required)

View Item View Item