ANALISIS PENANGANAN PENUMPANG DI BOARDING GATE MASKAPAI CITILINK BANDAR UDARA INTERNASIONAL I GUSTI NGURAH RAI BALI

Nopianti, Anisa (2021) ANALISIS PENANGANAN PENUMPANG DI BOARDING GATE MASKAPAI CITILINK BANDAR UDARA INTERNASIONAL I GUSTI NGURAH RAI BALI. Tugas Akhir thesis, SEKOLAH TINGGI TEKNOLOGI KEDIRGANTARAAN YOGYAKARTA.

[img] Text
INTISARI - ANISA NOPIANTI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (75kB)
[img] Text
BAB I - ANISA NOPIANTI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (205kB)
[img] Text
BAB II - ANISA NOPIANTI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (255kB)
[img] Text
BAB III - ANISA NOPIANTI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (159kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA - ANISA NOPIANTI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (105kB)
Official URL: http://sttkd.ac.id/

Abstract | Intisari

Penanganan penumpang di Boarding Gate oleh petugas Ground Handling harus dilayani secara maksimal sesuai standar operasional prosedur. Dalam melaksanakan tugasnya petugas Ground Handling sering mengalami berbagai kendala. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penanganan penumpang di Boarding Gate Maskapai Citilink Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali dan Kendala yang dihadap serta cara mengatasi kendala tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Sumber data diperoleh dari data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dokumentasi, dan studi pustaka. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Langkah-langkah analisis data menggunakan teori dari Miles dan Huberman, yaitu menggumpulkan data, mereduksi data, menyajikan data dan mengambil kesimpulan atau verifikasi data. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Penanganan Penumpang di Boarding Gate Maskapai Citilink di Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali telah sesuai dilaksanakan dengan standar operasional prosedur (SOP). Kendala yang dihadapi antara lain 1) Dokummen Pax yang tidak lengkap, solusinya penumpang diberikan FOI 2) Bagasi Kabin yang ukurannya terlalu besar, solusinya dimasukkan ke dalam Cargo pesawat 3) Adanya penumpang yang mengantri tidak tertib,solusinya petugas memberikan Announcement terlebih dahulu 4) Penumpang No Show Gate namun memiliki bagasi tercatat, solusinya menelpon penumpang atau memebrikan announcement nama penumpang berkali-kali 5) Adanya perpindahan parkir pesawat, solusinya petugas memberikan Announcement perpindahan Gate 6) Keterbatasan Gate keberangkatan, solusinya petugas berkoordinasi kepada seluruh petugas Citilink yang bertanggungjawab atas keberangkatan penumpang untuk memberikan layanan yang maksimal. Kata Kunci: Penanganan Penumpang, Boarding Gate, Citilink Indonesia

Tipe Koleksi: Thesis (Tugas Akhir)
Subjek: Aviation Service > Boarding Gate
Contributors:
ContributionPembimbingNIDNEmail
ContributorHodi, Hodi0508047901UNSPECIFIED
Program Studi: D3 Manajemen Transportasi
Diposting Oleh: Admin Perpustakaan
Tanggal Diposting: 17 Jan 2022 06:48
Terakhir diubah: 17 Jan 2022 06:48
URI: https://digilib.sttkd.ac.id/id/eprint/2125

Actions (login required)

View Item View Item