ANALISA KEGIATAN RAMP HANDLING PADA MASKAPAI CITILINK PT GAPURA ANGKASA DI BANDAR UDARA INTERNASIONAL KUALANAMU MEDAN

PASKAH LUMBANTOBING, CINTIANA (2021) ANALISA KEGIATAN RAMP HANDLING PADA MASKAPAI CITILINK PT GAPURA ANGKASA DI BANDAR UDARA INTERNASIONAL KUALANAMU MEDAN. Tugas Akhir thesis, SEKOLAH TINGGI TEKNOLOGI KEDIRGANTARAAN YOGYAKARTA.

[img] Text
INTISARI - CINTIANA PASKAH LUMBANTOBING.pdf
Restricted to Registered users only

Download (63kB)
[img] Text
BAB I - CINTIANA PASKAH LUMBANTOBING.pdf
Restricted to Registered users only

Download (286kB)
[img] Text
BAB II - CINTIANA PASKAH LUMBANTOBING.pdf
Restricted to Registered users only

Download (919kB)
[img] Text
BAB III - CINTIANA PASKAH LUMBANTOBING.pdf
Restricted to Registered users only

Download (389kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA - CINTIANA PASKAH LUMBANTOBING.pdf
Restricted to Registered users only

Download (61kB)
Official URL: http://sttkd.ac.id/

Abstract | Intisari

Ramp handling merupakan kegiatan penanganan pesawat yang dilakukan di ramp area saat sebelum pesawat tiba, saat pesawat ada di apron dan setelah pesawat terbang. Adapun tujuan yang ingin dicapai dengan adanya ramp handling yaitu diantaranya, safety (keamanan), reguler (teratur), economical air transport (tidak menimbulkan biaya yang tidak perlu), dan OTP (On Time Performance) atau ketepatan waktu. Tujuan penelitian ini (1) Untuk mengetahui peranan ramp handling maskapai Citilink di PT gapura Angkasa Bandar Udara Internasional Kualanamu Medan. (2) Untuk mengetahui prosedur kerja petugas ramp handling maskapai Citilink di PT Gapura Angkasa Bandar Udara Internasional Kualanamu Medan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dimana data yang dihasilkan berbentuk deskripsi hasil pengolahan data. Data primer dalam penelitian ini berupa wawancara dan observasi, sedangkan untuk data sekunder berupa data dari penelitian sebelumnya. Teknik pengumpulan data yang dilakukan oleh observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisa data yang pertama pengumpulan data, kedua reduksi data, ketiga penyajian data, dan yang terakhir adalah penarikan kesimpulan. Keabsaha data menggunakan dua macam yaitu triangulasi data dan tringulasi sumber. Berdasarka hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti bahwa petugas ramp handling memiliki peran yang sangatlah penting, besar dan luas dalam proses ramp service dalam memberikan pelayanan, keselamatan, kenyamanan, dan ketepatan waktu. Kesesuain SOP dengan praktik sudah berjalan dengan baik akan tetapi ada beberapa hal tindakan yang menjadi hak atau keputusan dari maskapai tersebut. Kata Kunci : Ramp Handling, Gapura Angkasa, Kegiatan

Tipe Koleksi: Thesis (Tugas Akhir)
Subjek: Airport Service > Ramp Handling
Contributors:
ContributionPembimbingNIDNEmail
ContributorWidagdo, Djoko0521037501UNSPECIFIED
Program Studi: D3 Manajemen Transportasi
Diposting Oleh: Admin Perpustakaan
Tanggal Diposting: 26 Jan 2022 06:49
Terakhir diubah: 26 Jan 2022 06:49
URI: https://digilib.sttkd.ac.id/id/eprint/2148

Actions (login required)

View Item View Item