Adam Adi Darmawan, Hafiz (2021) PENANGANAN PARKIR PENUMPANG PADA SAAT JAM SIBUK DI BANDAR UDARA INTERNATIONAL YOGYAKARTA. Tugas Akhir thesis, Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaran.
Text
INTISARI - HAFIZ ADAM ADI DARMAWAN.pdf Restricted to Registered users only Download (66kB) |
|
Text
BAB I - HAFIZ ADAM ADI DARMAWAN.pdf Restricted to Registered users only Download (208kB) |
|
Text
BAB II - HAFIZ ADAM ADI DARMAWAN.pdf Restricted to Registered users only Download (467kB) |
|
Text
BAB III - HAFIZ ADAM ADI DARMAWAN.pdf Restricted to Registered users only Download (171kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA - HAFIZ ADAM ADI DARMAWAN.pdf Restricted to Registered users only Download (154kB) |
Abstract | Intisari
Lahan parkir merupakan salah satu fasilitas yang disediakan penyedia jasa penerbangan PT. Angkasa Pura I cabang Yogyakarta menyediakan lahan parkiran bagi pengguna jasa penerbangan, petugas Bandar Udara dan bahkan mitra kerja Bandar Udara. Meskipun lahan parkir telah dirancang menyesuaikan tipe Bandar Udara International Yogyakarta, namun terkadang terjadi kepadatan penggunaan parkir yang melebihi kapasitas lahan yang disebabkan oleh adanya jam sibuk (peak hours), mengakibatkan terjadinya penumpukan jadwal yang terimbas pada jumlah pengguna lahan parker. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kapasitas gedung parkiran di Bandar Udara International Yogyakarta dan apa kebijakan lokal pihak Bandar Udara dalam menghadapi kepadatan penggunaan lahan parkir yang berlebihan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan data primer dan sekunder, yang mana data primerberupa metode wawancara kepada pihak Terminal Service Officer (TSO) dari unit Airport Operation Landside dan Terminal (AOLT) dan data observasi. Sedangkan data sekunder berupa studi kepustakaan pengumpulan data dengan menggunakan metode dokumentasi berupa dokumen- dokumen Log Book di Bandar Udara International Yogyakarta. Dengan menggunakan teknik analisis data Triangulasi Sumber data yaitu menggali kebenaran informasi sumber data dengan melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan.dengan adanya kapasitas parkir di Bandar Udara International Yogyakarta di Gedung Parkir Roda 2: 5.276 Unit, Roda 4: 1.428 Unit, Roda 4 Taksi : 539 Unit, Roda 6: 58 Unit penggunaan paling sedikit adalah roda 6, dan paling banyak menggunakan lahan parkir adalah periode bulan April 2021 sehingga pihak Bandar Udara harus memberikan penanganan lebih. Penyebab kepadatan lahan parkir tersebut, itu sering terjadi pada saat jam sibuk (peak hours) yaitu terjadi pada jam 09.00-12.00 dan 16.00-19.00 (Last Flight) selain pada saat jam sibuk hal yg sering terjadi kepadatan juga yaitu adanya Flight secara bersamaan saat kedatangan maupun keberangkatan, pihak Terminal Service Officer (TSO) berperan dalam penanganan kepadatan lahan parkir tersebut diantaranya
Tipe Koleksi: | Thesis (Tugas Akhir) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Subjek: | Airport > Parking Stand | ||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Program Studi: | D3 Manajemen Transportasi | ||||||||
Diposting Oleh: | Admin Perpustakaan | ||||||||
Tanggal Diposting: | 14 Feb 2022 01:27 | ||||||||
Terakhir diubah: | 14 Feb 2022 01:27 | ||||||||
URI: | https://digilib.sttkd.ac.id/id/eprint/2180 |
Actions (login required)
View Item |