ANALISIS KINERJA RAMP HANDLING DALAM MENCAPAI G R O U N D T I M E PESAWAT AIRBUS A320-214 MASKAPAI CITILINK PADA PT.GAPURA ANGKASA DI BANDAR UDARA ADI SOEMARMO SOLO

NASTITI, HANGGITA (2021) ANALISIS KINERJA RAMP HANDLING DALAM MENCAPAI G R O U N D T I M E PESAWAT AIRBUS A320-214 MASKAPAI CITILINK PADA PT.GAPURA ANGKASA DI BANDAR UDARA ADI SOEMARMO SOLO. Tugas Akhir thesis, Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaran.

[img] Text
INTISARI - HANGGITA NASTITI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (106kB)
[img] Text
BAB I - HANGGITA NASTITI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (556kB)
[img] Text
BAB II - HANGGITA NASTITI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III - HANGGITA NASTITI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (464kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA - HANGGITA NASTITI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (124kB)
Official URL: https://sttkd.ac.id/

Abstract | Intisari

Ramp handling merupakan suatu kegiatan koordjnasi semua aktivitas yang berlangsung sejak pesawat block-on hingga block-ofi agar keberangkatan dapat sesuai jadwal, dengan memperhatikan faktor keselamatan dan keamanan. Petugas ramp handling harus melakukan kegiatan ramp tersebut sesuai dengan ground time yang sudah ditetapkan. Guna mewujudkan keberhasilan dalam menjalankan fungsi-fungsinya serta kepuasan pelanggan tercapai, maka dari itu seorang ramp dispacther harus mempunyai performa kinerja yang tinggi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tata cara yang tepat dalam menangani pesawat Airbus A320-214 maskapai citiljnk agar sesuai dengan ground time yang telah ditetapkan, untuk mengetahui bagaimana kinerja petugas ramp handling dan faktor apa saja yang mempengaruhi kinerja ramp dispacther dalam mencapai ground time pesawat Airbus A320-214 maskapaj citilink. Pada penelitian ini menganalisis kinerja dari petugas ramp handling unit Operation dari PT.Gapura Angkasa Cabang Solo, dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Sumber data yang digunakan mempakan sumber data primer dan sekunder yang didapatkan dari hasil wawancara, observasi, dokumentasi selama penelitian di unit Operation PT.Gapura Angkasa dengan menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Hasil penelitian menunjukan bahwa kinerja petugas ramp handling sudah cukup maksimal dalam hal mencapai ground time pada pesawat Airbus. Namun terdapat faktor yang mempengaruhi kinerja para petugas ramp handling seperti jumlah penumpang dan jumlah kargo. Kata Kunci : Kinerja, Ramp Handling, Ground Time.

Tipe Koleksi: Thesis (Tugas Akhir)
Subjek: Airport Service > Ramp Handling
Contributors:
ContributionPembimbingNIDNEmail
ContributorHi Umar, Sudirman0505079201UNSPECIFIED
Program Studi: D3 Manajemen Transportasi
Diposting Oleh: Admin Perpustakaan
Tanggal Diposting: 14 Feb 2022 01:52
Terakhir diubah: 14 Feb 2022 01:52
URI: https://digilib.sttkd.ac.id/id/eprint/2182

Actions (login required)

View Item View Item