ANALISIS KUALITAS PELAYANAN PETUGAS PASASI PT GAPURA ANGKASA TERHADAP SPECIAL PASSENGER DI BANDAR UDARA INTERNASIONAL SULTAN HASANUDDIN MAKASSAR

HARDIANA, HARDIANA (2021) ANALISIS KUALITAS PELAYANAN PETUGAS PASASI PT GAPURA ANGKASA TERHADAP SPECIAL PASSENGER DI BANDAR UDARA INTERNASIONAL SULTAN HASANUDDIN MAKASSAR. Tugas Akhir thesis, Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaran.

[img] Text
INTISARI - Hardina din.pdf
Restricted to Registered users only

Download (79kB)
[img] Text
BAB I - Hardina din.pdf
Restricted to Registered users only

Download (221kB)
[img] Text
BAB II - Hardina din.pdf
Restricted to Registered users only

Download (303kB)
[img] Text
BAB III - Hardina din.pdf
Restricted to Registered users only

Download (119kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA - Hardina din.pdf
Restricted to Registered users only

Download (34kB)
Official URL: https://sttkd.ac.id/

Abstract | Intisari

Dalam kegiatan ground handling di dalamnya terdapat petugas pasasi yang bertugas untuk memberikan pelayanan kepada penumpang pada saat berada di terminal keberangkatan dan kedatangan (semua pelayanan yang berada di darat). Petugas yang memberikan pelayanan kepada penumpang saat berada di darat disebut dengan petugas pasasi. Dalam pelayanan di industri penerbangan penumpang dapat dibagi menjadi dua kategori yaitu penumpang biasa dan penumpang yang membutuhkan penanganan khusus (special passenger).Dalam peraturan penerbangan bagi special passenger seperti: ibu hamil (pregnant woman), wheel chair (WCHR), infant, unaccompanied minnor (UM), dan difabel. Penumpang tersebut diwajibkan untuk memiliki surat ijin terbang/surat keterangan dokter. Tidaklah mungkin pada saat memberikan pelayanan kepada special passenger, masih ada petugas pasasi yang memberikan pelayanan tidak sesuai dengan prosedur (SOP). Tujuan penelitian ini secara umum adalah untuk mengetahui Kualitas pelayanan petugas pasasi terhadap special passenger di Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif . Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Responden dalam penelitian ini adalah petugas pasasi dan penumpang (special passenger). Dokumentasi dalam penelitian ini berupa foto dan data penumpang (special passenger). Hasil penelitian ini menunjukkan menunjukan Pelayanan Petugas Pasasi Terhadap Penumpang Special Passenger di Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar sangat baik dan dalam memberikan pelayanan serta informasinya jelas, sehingga mempermudah konsumen walaupun masih ada beberapa penumpang WCHR yang protes ketika berfikir mereka naik pesawat lewat garbarata tapi ternyata di angkut dengan bus. Kata kunci: Pelayanan Petugas Pasasi, Penumpang Special Passenger

Tipe Koleksi: Thesis (Tugas Akhir)
Subjek: Airport Service > Pasasi
Contributors:
ContributionPembimbingNIDNEmail
ContributorPujo Laksana, Andityo0518017801UNSPECIFIED
Program Studi: D3 Manajemen Transportasi
Diposting Oleh: Admin Perpustakaan
Tanggal Diposting: 14 Feb 2022 07:15
Terakhir diubah: 14 Feb 2022 07:15
URI: https://digilib.sttkd.ac.id/id/eprint/2184

Actions (login required)

View Item View Item