ANALISIS PENANGANAN DELAY OLEH PETUGAS RAMP HANDLING PADA MASKAPAI GARUDA INDONESIA DAN CITILINK DI PT. GAPURA ANGKASA BANDAR UDARA INTERNASIONAL JENDRAL AHMAD YANI SEMARANG

BAGUS ARDIANSYAH, HERFIN (2021) ANALISIS PENANGANAN DELAY OLEH PETUGAS RAMP HANDLING PADA MASKAPAI GARUDA INDONESIA DAN CITILINK DI PT. GAPURA ANGKASA BANDAR UDARA INTERNASIONAL JENDRAL AHMAD YANI SEMARANG. Tugas Akhir thesis, Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaran.

[img] Text
INTISARI - Herfin Bagus.pdf
Restricted to Registered users only

Download (134kB)
[img] Text
BAB I - Herfin Bagus.pdf
Restricted to Registered users only

Download (194kB)
[img] Text
BAB II - Herfin Bagus.pdf
Restricted to Registered users only

Download (641kB)
[img] Text
BAB III - Herfin Bagus.pdf
Restricted to Registered users only

Download (180kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA - Herfin Bagus.pdf
Restricted to Registered users only

Download (136kB)
Official URL: https://sttkd.ac.id/

Abstract | Intisari

PT. Gapura Angkasa adalah perusahaan yang menyediakan jasa ground handling untuk maskapai Garuda Indonesia dan Ciltilink. dalam menjalankan kegiatan operasional terdapat SOP dari setiap maskapai terlebih dalam menangani keterlambatan pesawat seperti yang sering terjadi selama peneliti melakukan penelitian di PT. Gapura Angkasa Bandar Udara Jendral Ahmad Yani Semarang yang disebabkan oleh beberapa faktor . Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji cara penanganan yang dilakukan oleh petugas Ramp Handling jika terjadi delay pada maskapai Garuda Indonesia dan maskapai Citilink. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif dengan melalui studi kasus, dengan mengumpulkan data primer dan data sekunder, dengan pengumpulan data penelitian menggunakan metode wawancara ,dokumentasi dan studi kepustakaan . berdasarkan data yang dikumpulkan dalam setiap harinya terdapat keterlambatan oleh maskapai yang disebabkan oleh faktor cuaca yang menyebabkan ketidaknyamanan para pengguna jasa maskapai. Bahwasanya dalam penanganan yang diberikan kepada tiap maskapai Penerbangan Garuda Indonesia dan Citilink yang dilakukan oleh petugas Ramp Handling ada perbedaan pada Standar Oprational Prosedur (SOP) pada aircraft management maskapai masing-masing. Tetapi pemberlakuan mempercepat penanganan (Quick Handling) tetap sama pada dua Maskapai ini. Dan perbedaan yang dapat kita lihat yakni pada Maskapai Citilink yang sudah menggunakan fasilitas Garbarata untuk memperlancar kegiatan Boarding dan ini sangat berguna jika suatu penerbangan pada Maskpai Citilink mengalami Delay. Kata Kunci : Penanganan, Keterlambatan (delay), Standart Oprational Prosedur (SOP)

Tipe Koleksi: Thesis (Tugas Akhir)
Subjek: Aviation Service > Delay
Contributors:
ContributionPembimbingNIDNEmail
ContributorFatmayati, Fryda0523019102UNSPECIFIED
Program Studi: D3 Manajemen Transportasi
Diposting Oleh: Admin Perpustakaan
Tanggal Diposting: 17 Feb 2022 03:19
Terakhir diubah: 17 Feb 2022 03:19
URI: https://digilib.sttkd.ac.id/id/eprint/2187

Actions (login required)

View Item View Item