ANALISIS PELAYANAN PENUMPANG MASKAPAI CITILINK SAAT CHECK-IN SELAMA MASA PANDEMI COVID-19 DI BANDAR UDARA INTERNASIONAL KUALANAMU

Duwita Sari Ginting, Juliana (2021) ANALISIS PELAYANAN PENUMPANG MASKAPAI CITILINK SAAT CHECK-IN SELAMA MASA PANDEMI COVID-19 DI BANDAR UDARA INTERNASIONAL KUALANAMU. Tugas Akhir thesis, Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan (STTKD).

[img] Text
INTISARI - juliana ginting.pdf
Restricted to Registered users only

Download (106kB)
[img] Text
BAB I - juliana ginting.pdf
Restricted to Registered users only

Download (329kB)
[img] Text
BAB II - juliana ginting.pdf
Restricted to Registered users only

Download (534kB)
[img] Text
BAB III - juliana ginting.pdf
Restricted to Registered users only

Download (250kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA - juliana ginting.pdf
Restricted to Registered users only

Download (89kB)
Official URL: https://sttkd.ac.id/

Abstract | Intisari

Check-in Counter mempunyai peranan penting dalam memberikan pelayanan kepada penumpang dengan memprofailing penumpang dan bagasinya sesuai dengan SOP (Standart Operasional Prosedure) di Era New Normal. Tujuan Penelitian ini (1) Untuk mengetahui Prosedur Pelayanan penumpang pada saat masa pandemi Covid-19 yang sesuai dengan SOP (Standart Operasional Procedure) di Bandar Udara Kualanamu (2) Menganalisis faktor-faktor apa saja yang dapat menghambat pelayanan pada penumpang pada saat masa pandemi Covid-19 di Bandar Udara Kualanamu. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan menggunakan Data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan Data berupa observasi langsung, wawancara kepada Supervisior dan petugas check-in Counter dan dokumentasi. Teknik analisa data pertama pengumpulan data, kedua reduksi data, ketiga penyajian data dan yang terakhir adalah penarikan kesimpulan. Penelitian ini dilaksanakan selama 1 (satu) bulan yaitu mulai dari 25 Februari sampai 24 Maret 2021. Penelitian ini dilakukan di PT. Gapura Angkasa yang melayani di Maskapai Citilink di Bandar Udara Internasional Kualanamu. Hasil penelitian dalam Pelaksanaan SOP pelayanan check-in counter selama pandemi Covid-19 sudah dilakukan sesuai dengan SOP (Standart Operasional Procedur) pelayanan karena petugas selalu mengarahkan penumpang untuk stempel validasi surat Hasil Rapid test/ Swab di KKP terlebih dahulu dan setelah itu melakukan Self Check-in di mesin Self check-in citilink di KNO atau melalui Web Check-in Citilink.. Bagi penumpang yang membawa barang bawaan untuk dicatat sebagai bagasi tercatat yang akan datang ke Counter untuk baggage drop. Kendala-kendala yang petugas hadapi dalam pelaksanaan pelayanan pada saat check-in selama pandemi Covid-19 petugas menghadapi penumpang yang belum stempel validasi surat hasil Rapid-test/ Swab yang negatif di KKP, penumpang yang belum melakukan Self Check-in, Penumpang yang tidak mau membuka masker untuk dicocokkan wajahnya dengan Id-Card, dan penumpang yang datang terlambat/ last minute datang saat counter check-in sudah close. Kata Kunci : Pelayanan, Check-in, Pandemi, Covid-19

Tipe Koleksi: Thesis (Tugas Akhir)
Subjek: Airport Service > Check-in
Contributors:
ContributionPembimbingNIDNEmail
ContributorNur Masyi’ah, AnitaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Program Studi: D3 Manajemen Transportasi
Diposting Oleh: Admin Perpustakaan
Tanggal Diposting: 27 Apr 2022 01:43
Terakhir diubah: 27 Apr 2022 01:43
URI: https://digilib.sttkd.ac.id/id/eprint/2212

Actions (login required)

View Item View Item