ANALISIS LALU LINTAS PESAWAT TERBANG DITINJAU DARI KEBISINGAN TERHADAP PETUGAS AIRCRAFT HANDLING DI BANDARA INTERNASIONAL HUSEIN SASTRANEGARA BANDUNG

Irengga, Kiki (2021) ANALISIS LALU LINTAS PESAWAT TERBANG DITINJAU DARI KEBISINGAN TERHADAP PETUGAS AIRCRAFT HANDLING DI BANDARA INTERNASIONAL HUSEIN SASTRANEGARA BANDUNG. Tugas Akhir thesis, Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan (STTKD).

[img] Text
INTISARI - KIKI IRENGGA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (61kB)
[img] Text
BAB I - KIKI IRENGGA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (295kB)
[img] Text
BAB II - KIKI IRENGGA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (688kB)
[img] Text
BAB III - KIKI IRENGGA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (243kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA - KIKI IRENGGA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (143kB)
Official URL: https://sttkd.ac.id/

Abstract | Intisari

Kebisingan merupakan salah satu faktor lingkungan tempat kerja yang ditimbulkan oleh pergerakan pesawat terbang yang mempengaruhi kesehatan pekerja di area lapangan terbang. Berdasarkan data primer yang didapat dari hasil kuesioner pada petugas aircraft handling PT. Gapura Angkasa, terdapat beberapa pekerja yang mengalami gangguan pendengaran. Gangguan pendengaran tidak hanya dipengaruhi oleh intensitas kebisingan tetapi juga dipengaruhi oleh karakteristik pekerja seperti usia, lama paparan, masa kerja, dan penggunaan Alat Pelindung Telinga (APT). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jumlah penerbangan perhari, besarnya kebisingan pada saat take off,landing dan uji mesin, waktu yang dibutuhkan untuk persiapan take off, dan dampak akibat kebisingan yang dialami oleh petugas aircraft handling. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di Bandar Udara Internasional Husein Sastranegara Bandung. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data primer dan sekunder. Data primer diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner langsung kepada petugas aircraft handling dan hasil pengukuran dari Sound Level Meter yang dilakukan selama satu minggu di area apron. Sedangkan data sekunder diperoleh dari hasil studi kepustakaan yang berasal dari dokumen PT.Gapura Angkasa. Hasil dari penelitian ini adalah rata-rata penerbangan perhari di Bandara Internasional Husein Sastranegara yaitu 20 penerbangan perhari, pada pengukuran kebisingan didapati pada saat pesawat take off intensitas kebisingan sebesar 70-88 dB(A), pada saat uji mesin 86-90 dB(A), pada saat landing 65-89 dB(A), berdasarkan penelitian yang dilakukan pada bulan Maret 2021 diketahui rata-rata waktu yang dibutuhkan untuk persiapan take off yaitu 33 menit, karakteristik petugas aircraft handling; usia 20-30 tahun 40%, lama paparan seluruh pekerja selama 12 jam, masa bekerja ≥5 tahun 93%, Penggunaan Alat Pelindung Telinga (APT) 47%, memiliki keluhan telinga berdengung 60%. Pekerja di area lapangan terbang harus memiliki kesadaran dan disiplin untuk menggunakan Alat Pelindung Telinga (APT) pada saat bekerja atau berada dalam lingkungan kerja. Kata Kunci : Intensitas Kebisingan, Karakteristik Pekerja, Aircraft Handling

Tipe Koleksi: Thesis (Tugas Akhir)
Subjek: Flight and Airport Management > Data Analysis
Contributors:
ContributionPembimbingNIDNEmail
ContributorUlfa, Rosiana0527058703UNSPECIFIED
Program Studi: D3 Manajemen Transportasi
Diposting Oleh: Admin Perpustakaan
Tanggal Diposting: 28 Apr 2022 03:36
Terakhir diubah: 28 Apr 2022 03:36
URI: https://digilib.sttkd.ac.id/id/eprint/2218

Actions (login required)

View Item View Item