Lilis, Lilis (2021) ANALISIS PENERAPAN SELF CHECK IN MASKAPAI CITILINK DI BANDAR UDARA INTERNASIONAL ZAINUDDIN ABDUL MADJID LOMBOK. Tugas Akhir thesis, Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan (STTKD).
![]() |
Text
INTISARI - LILIS.pdf Restricted to Registered users only Download (82kB) |
![]() |
Text
BAB I - LILIS.pdf Restricted to Registered users only Download (251kB) |
![]() |
Text
BAB II - LILIS.pdf Restricted to Registered users only Download (331kB) |
![]() |
Text
BAB III - LILIS.pdf Restricted to Registered users only Download (245kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA - LILIS.pdf Restricted to Registered users only Download (61kB) |
Abstract | Intisari
Indonesia sebagai negara kepulauan dan pertumbuhan yang terus berkembang pesat, segala sesuatu harus dilakukan dengan cepat dan tepat. Seperti baru-baru ini muncul suatu inovasi di dunia penerbangan yaitu self check-in. karena di Bandar Udara Internasional Zainuddin Abdul Madjid Lombok mesin self check-innya rusak, maka pusat menyarankan kepada citilink bandar udara lombok menggunakan self check-in menggunakan web dengan menggunakan HP pribadi penumpang. sistem self check-in menggunakan web adalah proses pelaporan penumpang yang dilakukan melalui website airlines yang tersedia secara online dan membutuhkan koneksi internet. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan teknik pengambilan data primer dan sekunder. Data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, studi pustaka dan dokumentasi.Tujuan penelitian ini untuk mengkaji bagaimana penerapan self check-in Maskapai Citilink dan bagaimana dampak yang di rasakan petugas setelah diterapkannya self check- in. waktu penelitian dilaksanakan pada 8 februari 2021 sampai dengan 8 maret 2021 di Bandar Udara Internasional Zainuddin Abdul Madjid Lombok. Hasil penelitian ini menunjukan penerapan yang di lakukan yaitu penumpang yang belum melakukan self check-in dengan menggunakan web akan di arahkan oleh petugas untuk melakukan web check-in sesuai dengan prosedur yang ada. Adanya penerapan web check-in juga memiliki dampak bagi petugas check-in yaitu dampak positif dan negatif, dampak positifnya yaitu mengurangi antrian dan mempermudah pekerjaan petugas check-in counter. Sedangkan dampak negatifnya yaitu penumpang yang membawa ID palsu bisa saja lolos. Karena penumpang yang sudah melakukan self check-in menggunakan web bisa saja langsung ke ruang tunggu, maka dari itu diperlukan pengecekan di boarding gate dengan teliti agar hal yang tidak diinginkan tidak terjadi. Kata Kunci : Self Check-In Menggunakan Web,Check-Incounter, Petugas
Tipe Koleksi: | Thesis (Tugas Akhir) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Subjek: | Airport Service > Check-in | ||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Program Studi: | D3 Manajemen Transportasi | ||||||||
Diposting Oleh: | Admin Perpustakaan | ||||||||
Tanggal Diposting: | 11 May 2022 02:03 | ||||||||
Terakhir diubah: | 11 May 2022 02:03 | ||||||||
URI: | https://digilib.sttkd.ac.id/id/eprint/2222 |
silahkan login terlebih dahulu untuk melihat text diatas, jika belum mempunyai akun anda dapat mendaftar akun digilib silahkan Klik disini
![]() |
View Item |