PERAN APRON MOVEMENT COTROL (AMC) MENGANTISIPASI TERHADAP FOREIGN OBJECT DEBRIS (FOD) DI AREA PARKING STAND DI BANDAR UDARA TJILIK RIWUT PALANGKA RAYA

ARIEF RAHMAN, M (2021) PERAN APRON MOVEMENT COTROL (AMC) MENGANTISIPASI TERHADAP FOREIGN OBJECT DEBRIS (FOD) DI AREA PARKING STAND DI BANDAR UDARA TJILIK RIWUT PALANGKA RAYA. Tugas Akhir thesis, Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan (STTKD).

[img] Text
INTISARI - M. ARIEF RAHMAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (105kB)
[img] Text
BAB I - M. ARIEF RAHMAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (288kB)
[img] Text
BAB II - M. ARIEF RAHMAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (371kB)
[img] Text
BAB III - M. ARIEF RAHMAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA - M. ARIEF RAHMAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (105kB)
Official URL: https://sttkd.ac.id/

Abstract | Intisari

M. Arief Rahman.1 dan Septiyani Putri Astutik, SE,.M.Si.2 Penelitian ini membahas tentang peran AMC mengantisipasi terhadap FOD di area parking stand Bandar Udara Tjilik Riwut Palangka Raya. Hal ini disebabkan Seringkalinya FOD yang ditemukan pada area pergerakan sisi udara dan kadang dibiarkan akibat kelalaian petugas yang berada di sisi udara dan kurangnya pengawasan dari personil AMC itu sendiri akan berakibat berbahaya bagi keselamatan penerbangan dan pergerakan orang di sisi udara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran dari personil AMC dalam melakukan pengawasan dan antisipasi dari FOD di area parking stand serta faktor dan dampak yang terjadi akibat FOD tersebut. Jenis penelitian ini adalah kualitatif yaitu penelitian yang bersifat deskriptif dan cenderung menggunakan analisis. Proses dan makna (prespektif subjek) lebih ditonjolkan dalam penelitian kualitatif. Landasan teori di manfaatkan sebagai pemandu agar fokus penelitian sesuai dengan fakta di lapangan, dengan menggunakan metode pengambilan data observasi mengamati dan mencatat kejadian di lapangan, melakukan wawancara kepada pihak AMC, dokumentasi mengumpulkan Foto-foto di lapangan, informasi yang bersumber dokumen yang berkaitan dengan tindakan petugas AMC dalam menangani FOD, dan study kepustakaan untuk mencari informasi dan referensi yang berkaitan dengan pembahasan peneliti, analisis data yang digunakan kombinasi antara triangulasi metode dan trianguasi sumber data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan, dampak yang terjadi ketika FOD tersedot kedalam mesin pesawat akan mengalami kerusakan mesin yang berakibat terjadinya kegagalan mesin, dan Faktor-faktor penyebab adanya FOD adalah seringkalinya penumpang membuang sampah baik itu disengaja ataupun tidak disengaja, kemudian petugas Ground Handling kerap kedapatan membuang sampah sembarangan, beberapa FOD juga muncul dari tempat penyimpanan bagasi yang tidak sengaja jatuh ke Apron disaat kegiatan loading atau unloading, FOD juga bisa berasal dari kendaraan Ground Support Equipment (GSE), dan kerusakan aspal atau beton di Apron. Kemudian dari penelitian juga didapatkan hasil bahwa masih terdapat kendala dalam melakukan penanganan FOD yaitu karena keterbatasan jumlah personil dan adanya pelimpahan tugas docking/undocking kepada unit AMC menyebabkan kurannya akan pengawasan FOD di pergerakan sisi udara, dengan keterbatasan fasilitas mungkin upaya dari peneliti kedepanya dengan adanya cctv akan sedikit membantu banyak untuk mengoptimalkan pengawasan FOD di pergerakan sisi udara. Kata kunci : Apron Movement control , Foreign Object Debris

Tipe Koleksi: Thesis (Tugas Akhir)
Subjek: Aviation Profession > Apron Movement Control (AMC)
Contributors:
ContributionPembimbingNIDNEmail
ContributorPutri Astutik, Septiyani0517098702UNSPECIFIED
Program Studi: D3 Manajemen Transportasi
Diposting Oleh: Admin Perpustakaan
Tanggal Diposting: 11 May 2022 07:02
Terakhir diubah: 13 May 2024 03:07
URI: https://digilib.sttkd.ac.id/id/eprint/2225

Actions (login required)

View Item View Item