ANALISIS PENYEBAB DELAY FLIGHT YANG SERING TERJADI PADA MASKAPAI CITILINK PT.GAPURA ANGKASA BANDAR UDARA INTERNASIONAL JUANDA SURABAYA

Latifah, Nur (2021) ANALISIS PENYEBAB DELAY FLIGHT YANG SERING TERJADI PADA MASKAPAI CITILINK PT.GAPURA ANGKASA BANDAR UDARA INTERNASIONAL JUANDA SURABAYA. Tugas Akhir thesis, Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan (STTKD).

[img] Text
INTISARI - NUR LATIFAH.pdf
Restricted to Registered users only

Download (94kB)
[img] Text
BAB I - NUR LATIFAH.pdf
Restricted to Registered users only

Download (243kB)
[img] Text
BAB II - NUR LATIFAH.pdf
Restricted to Registered users only

Download (478kB)
[img] Text
BAB III - NUR LATIFAH.pdf
Restricted to Registered users only

Download (253kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA - NUR LATIFAH.pdf
Restricted to Registered users only

Download (68kB)
Official URL: https://sttkd.ac.id/

Abstract | Intisari

Nur Latifah1 dan Nanik Rianandita Sari, S.S., M.A. Ketepatan waktu penerbangan merupakan salah satu produk utama dari perusahaan jasa angkutan udara berjadwal yang dapat menjadi tolak ukur kinerja perusahaan dalam meningkatkan daya saing. Maka dari itu ketepatan menjadi salah satu indikator kinerja maskapai penerbangan. Keterlambatan penerbangan (delay) merupakan salah satu permasalahan yang sering terjadi dalam dunia penerbangan. Pada umumnya delay terjadi karena beberapa faktor. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui faktor yang sering menjadi penyebab terjadinya delay dan mengetahui cara petugas dalam mengatasi delay yang sering terjadi pada maskapai Citilink Bandar Udara Internasional Juanda Surabaya periode 18 Maret – 17 April 2021. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif jenis studi kasus dengan menggunakan sumber data primer (wawancara dengan petugas ramp handling) dan sumber data sekunder (dokumentasi, informasi yang berkaitan dengan masalah penelitian yang diambil). Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara : observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan cara : pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa terdapat 5 delay code yang paling sering menjadi penyebab delay yang dapat mempengaruhi kinerja ramp handling dalam mencapai on time performance pada periode 18 Maret – 17 April 2021. Delay tersebut diantaranya : delay code 10, 36, 71, 80, dan 95. Cara petugas ramp handling dalam mengatasi delay yaitu dengan mempersiapkan keperluan penanganan pesawat yang dibutuhkan 10 menit sebelum pesawat landing, untuk meminimalisir terjadinnya delay yang berkelanjutan di stasiun berikutnya. Kata Kunci : Delay Flight 1Nur Latifah Taruni Program Studi Manajemen Transportasi STTKD Yogyakarta 2Nanik Rianandita Sari,S.S.,M.A Pembimbing Tugas Akhir STTKD Yogyakarta.

Tipe Koleksi: Thesis (Tugas Akhir)
Subjek: Aviation Service > Delay
Contributors:
ContributionPembimbingNIDNEmail
ContributorRianandita Sari, Nanik0531058202UNSPECIFIED
Program Studi: D3 Manajemen Transportasi
Diposting Oleh: Admin Perpustakaan
Tanggal Diposting: 31 May 2022 02:21
Terakhir diubah: 31 May 2022 02:21
URI: https://digilib.sttkd.ac.id/id/eprint/2262

Actions (login required)

View Item View Item